Islam

Islam

MediaMU.COM

Feb 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Mars Muhammadiyah : Peran Mars, Lirik & Maknanya

Mars Muhammadiyah

MEDIAMU.COM - Mars Muhammadiyah : Peran Mars, Lirik & Maknanya 

Pahami Peran Mars dalam Sebuah Organisasi 

Musik dan lagu tidak dapat dipungkiri merupakan salah satu media yang menyimpan dan menyampaikan makna. Bagi setiap organisasi atau suatu perkumpulan massa yang besar, musik dan lagu memiliki fungsi efektif untuk mengobarkan semangat perjuangan, menebalkan identitas gerakan, hingga menanamkan ideologi secara laten. Biasanya, mereka menggunakan lewat jenis lagu yang dikategorikan sebagai himne atau mars. Keduanya, dinyanyikan dalam acara formal.

Pengertian Secara Definisi 

Pada definisinya, himne atau gita puja adalah sejenis nyanyian yang ditujukan pada Tuhan atau sesuatu yang dimuliakan. Himne digunakan untuk mendoakan, memberi kesan agung, atau pun rasa syukur yang disampaikan dalam bentuk lagu. ‘Syukur’ karya Habib Husein Muthahar adalah sekian contohnya.

Sementara itu, mars (marcia) adalah bentuk lagu penyemangat dalam sebuah lembaga, organisasi, atau kelompok tertentu. Awalnya lagu mars diciptakan untuk pasukan militer. Tempo yang digunakan tetap dan teratur seperti langkah baris berbaris dengan tempo musik antara ½ atau ¼

Kiprah Pencipta lagu Mars Muhammadiyah 

Lagu Sang Surya yang jadi Mars Muhammadiyah ciptaan dari Djarnawi Hadikoesoemo. Beliau merupakan salah satu anak dari seorang tokoh nasional yaitu Ki bagus hadikusuma.

Djarnawi Hadikoesoemo adalah seorang tokoh muhammadiyah sekaligus sebagai ketua umum partai Parmusi (Partai Muslimin Indonesia) yang berdiri pada tahun 1968.

Lirik Mars Muhammadiyah

"Sang Surya"

Ciptaan: Djarnawi Hadikoesoemo

Sang Surya tetap bersinar

Syahadat dua melingkar

Warna yang hijau berseri

Membuatku rela hati

Ya Allah Tuhan Rabbiku

Muhammad Junjunganku

Al Islam agamaku

Muhammadiyah gerakanku

Di timur fajar cerah gemerlapan

Mengusir kabut hitam

Menggugah kaum muslimin

Tinggalkan peraduan

Lihatlah matahari telah tinggi

Di ufuk timur sana

Seruan Ilahi Rabi Sami’na watha’na

Ya Allah Tuhan Rabbiku

Muhammad Junjunganku

Al Islam agamaku

Muhammadiyah gerakanku

Makna Yang Mendalam Setiap Bait Mars Muhammadiyah 

Makna lagu Mars Muhammadiyah "Sang Surya" yang rangkum dalam per baitnya, sebagai berikut

1. Baris Pertama

Menggambarkan esensi lambang Muhammadiyah yang mencakup kalimat syahadat, simbol matahari, dan warna hijau sebagai identitas khas agama Islam.

2. Baris Kedua

Menyampaikan signifikansi syahadat, yang menegaskan bahwa Allah adalah satu-satunya Rabb yang harus disembah, Muhammad sebagai nabi yang patut diikuti, Islam sebagai panduan hidup, dan Muhammadiyah sebagai wahana berdakwah dan berbakti kepada umat.

3. Baris Ketiga

Menginspirasi umat Muslim ketika fajar menyingsing, menggambarkan kabut hitam sebagai metafora malam yang harus ditinggalkan untuk fokus pada urusan

 akhirat. Lagu ini memotivasi kaum Muslim untuk bersama-sama bangkit dari kemalasan menuju hari yang cerah.

4. Baris Keempat

Melanjutkan tema bait ketiga, mengajak untuk selalu mendengar dan taat pada perintah Allah tanpa paksaan, sejalan dengan ajaran Al-Qur'an dan As-Sunnah, serta menjalankan Islam dengan tulus dan ikhlas.

Kesimpulan

Itulah artikel tentang pentingnya sebuah masjid dalam organisasi dan lirik dari mars Muhammadiyah yang dibarengi sebuah penjelasan perbaitnya semoga artikel Ini bisa memberikan kita informasi dan wawasan baru untuk kita semua. Simak lainnya di mediamu.com

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here