Islam

Islam

MediaMU.COM

Jun 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Lewat Gagasan Al-Maun dan Al-Ashr, Kiai Dahlan Bangun Amal Usaha Muhammadiyah

SEMARANG - Organisasi Masyarakat yang bergerak di bidang dakwah salah satunya ialah Muhammadiyah. Muhammadiyah di dirikan oleh ulama besar yaitu K.H. Ahmad Dahlan. Salah satu inspirasi dari kyai Dahlan dalam bersosial ialal Al-Qur'an pada surah Al-Maun. Gagasan ini yang dijadikan sebagai landasan muhammadiyah berkembang dan bertahan bertahun-tahun.

Hal Ini disampaikan oleh Haedar Nashir, Ketua Umum PP Muhammadiyah, dalam acara Khataman Al-Quran Online Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) pada Senin (14/06). Lebih lanjut, Haedar mengatakan bahwa Al-Maun adalah inspirasi atas lahirnya berbagai amal usaha Muhammadiyah pertama kali, dari rumah miskin hingga rumah sakit.

"Karena Al Maun ini Kiai Dahlan memelopori yang melahirkan rumah miskin dan yatim. Bahkan lahir poliklinik pertama yang waktu itu rumah sakit hanya dimiliki kaum zending atau dari Kristen. Kiai Dahlan mengimplementasikan Al Maun menjadi rumah miskin dan yatim, dan rumah sakit yang waktu itu masih susah" tuturnya.

Selain itu, ide, gagasan, dan pikiran dari kyai Dahlan merupakan intisari dari Surah Al-Ashr. Haedar kemudian menjelaskan bahwa Allah menyerukan umat muslim untuk dapat melakukan amal sholih sebanyak-banyaknya dan saling menasihati pada kebaikan agar tidak termasuk ke dalam orang-orang merugi. Meski digolongkan sebagai surah pendek, kata Haedar, surah ini memiliki makna yang mendalam. Mengutip Imam Syafii, Haedar menyebut bahwa seandainya setiap manusia merenungkan surat ini, niscaya hal itu akan mencukupi untuk mereka. (*)

Berita ini disadur mediamu.com dari muhammadiyah.or.id berjudul Al-Maun dan Al-Ashr: Inspirasi Kiai Dahlan Membangun Amal Usaha Muhammadiyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here