Islam

Islam

MediaMU.COM

Feb 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Muhammadiyah dan Aisyiyah dalam Hal Sosial Kemasyarakatan

MEDIAMU.COM - Muhammadiyah kini telah menjadi organisasi besar di Indonesia yang dijalankan secara modern. Unit kegiatannya tersebar ke seluruh pelosok negeri yang meliputi pendidikan, kesehatan, santunan sosial hingga kegiatan pengajian yang dilakukan. Menurut buku profil Muhammadiyah (2000) saat ini terdapat ribuan taman kanak-kanak, 2.907 SD,  1.731 SMP, 929 SMA, 55 Pesantren, lebih dari 184 Perguruan Tinggi, 312 Lembaga Kesehatan masyarakat, 240 Panti Asuhan, 19 Bank Pengkreditan Rakyat (BPR), lebih dari 800 koperasi dan 190 Baitulmaalwat Tanwil. Hal ini membuat Muhammadiyah sangat berperan dalam mensejahterakan masyarakat.

Disisi lain Aisyiyah juga berkontribusi dalam bidang mensejahterakan sosial diwujudkan dalam bentuk pendirian panti asuhan, balai latihan kerja, dan bantuan bagi anak anak miskin dan lanjut usia di masyarakat termasuk kaum difabel.

Aisyiyah dalam gerakan kesehatan dan sosial mempraktikkan Surah Al-Maun. Melalui Al-Maun lahir pilantropi dalam bentuk rumah sakit, polikklinik, panti asuhan dan usaha usaha pemberdayaan masyarakat yang membawa pada kemajuan hidup lahir dan batin. Al-Maun merupakan praksis teologi pembebasan bagi kaum dhuafa-mustad'afin yang lemah dan tertindas dan dilemahkan.

Selanjutnya Muhammadiyah membentuk lembaga penanggulangan bencana yaitu MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center). Lembaga ini di rintis 2007 dengan nama "Pusat Penanggulangan Bencana" yang kemudian dikukuhkan menjadi lembaga yang bertugas mengkoordinasikan Sumbar daya Muhammadiyah dalam kegiatan penanggulangan bencana oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah Pasca Muktamar Tahun 2010

Peran serta Aisyiyah dalam bidang sosial mulai terlihat ketika bergulirnya program OMOR (One Muhammadiyah One Response) penanggulangan bencana yang dilakukan oleh PW Aisyiyah kemudian bersinergi dengan Muhammadiyah atau MDMC. Sinergitas dilakukan dengan MDMC memberikan pengetahuan yang mendalam kepada LLHPB Aisyiyah tentang kebencanaan

Itulah beberapa peran Muhammadiyah dan Aisyiyah dalam hal kegiatan sosial dengan tujuan mensejahterakan masyarakat.

Oleh : Muhammad Fajrul Falaq, Tim Redaksi Mediamu.com

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here