Islam

Islam

MediaMU.COM

Apr 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Ketahui Penggalan Ayat Al-Kahfi Ayat 46

Ketahui Penggalan Ayat Al-Kahfi Ayat 46

MEDIAMU.COM - Baqiyat Ash-Shalihat atau baqiyatus sholihat adalah penggalan surat Al Kahfi ayat 46. Ayat ini menyebutkan bahwa baqiyatus sholihat merupakan amalan yang ganjarannya lebih utama daripada harta dan anak-anak yang jadi perhiasan di dunia.

Doa Salamullah Ya Sadah

Doa "Salamullah ya sadah" bukanlah doa yang biasa atau umumnya ditemukan dalam sumber-sumber agama Islam atau dalam doa-doa yang dikenal secara luas. Kemungkinan itu adalah ungkapan atau doa yang digunakan oleh kelompok atau komunitas tertentu, tetapi tidak dikenal secara umum dalam Islam.

Jika Anda memiliki informasi lebih lanjut atau penjelasan tentang doa ini, atau jika ada hal khusus yang ingin Anda ketahui, mungkin saya bisa memberikan bantuan lebih lanjut. Namun, jika Anda mencari doa atau ungkapan yang lebih umum dalam Islam, silakan beri tahu saya, dan saya akan dengan senang hati memberikan informasi atau teks doa yang lebih dikenal dan digunakan.

ٱلۡمَالُ وَٱلۡبَنُونَ زِينَةُ ٱلۡحَيَوٰةِ ٱلدُّنۡيَاۖ وَٱلۡبَٰقِيَٰتُ ٱلصَّٰلِحَٰتُ خَيۡرٌ عِندَ رَبِّكَ ثَوَابٗا وَخَيۡرٌ أَمَلٗا

“Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia, tetapi al-baqiyaat as-sholihaat (amal kebajikan yang terus-menerus) itu lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.” (QS. Al-Kahfi: 4)

Ada dua penjelasan para ulama tentang makna al-baqiyaat as-sholihaat pada ayat ini:

Pertama, al-baqiyaat as-sholihaat adalah bacaan zikir berupa tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir

Ibnu Katsir rahimahullah menukil keterangan dari Ibnu Abbas tentang makna al-baqiyaat as-sholihaat,

قال ابن عباس : الباقيات الصالحات هي سبحان الله والحمد لله ولا اله الا الله والله أكبر

Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata, “Al-baqiyaat as-sholihaat adalah bacaan zikir ‘subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaaha illallallah wallahu akbar.'”

Makna “Al-Baqiyaat As-Sholihaat”

Ahmad Anshori, Lc oleh Ahmad Anshori, Lc 3 Juni 2022 Waktu Baca: 4 menit

Al-Baqiyaat As-Sholihaat

Daftar Isi

Pertama, al-baqiyaat as-sholihaat adalah bacaan zikir berupa tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir.

Kedua, al-baqiyaat as-sholihaat adalah salat lima waktu.

Ketiga, al-baqiyaat as-sholihaat adalah seluruh amal saleh.

Bismillahirrahmanirrahim.

Di dalam surah Al-Kahfi ayat 46, Allah Ta’ala berfirman,

ٱلۡمَالُ وَٱلۡبَنُونَ زِينَةُ ٱلۡحَيَوٰةِ ٱلدُّنۡيَاۖ وَٱلۡبَٰقِيَٰتُ ٱلصَّٰلِحَٰتُ خَيۡرٌ عِندَ رَبِّكَ ثَوَابٗا وَخَيۡرٌ أَمَلٗا

“Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia, tetapi al-baqiyaat as-sholihaat (amal kebajikan yang terus-menerus) itu lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.” (QS. Al-Kahfi: 4)

Ada dua penjelasan para ulama tentang makna al-baqiyaat as-sholihaat pada ayat ini:

1. Al-Baqiyaat As-Sholihaat adalah bacaan zikir berupa tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir.

Keterangan ini bersumber dari sejumlah ulama, di antaranya:

- Abdullah bin Abbas –radhiyallahu ‘anhuma–

Ibnu Katsir rahimahullah menukil keterangan dari Ibnu Abbas tentang makna al-baqiyaat as-sholihaat,

قال ابن عباس : الباقيات الصالحات هي سبحان الله والحمد لله ولا اله الا الله والله أكبر

Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata, “Al-baqiyaat as-sholihaat adalah bacaan zikir ‘subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaaha illallallah wallahu akbar.'

Kedua: Utsman bin Affan –radhiyallahu ‘anhu–

Di dalam riwayat Imam Ahmad rahimahullah, yang bersumber dari Al-Harits Maulanya Utsman. Pada suatu hari, Al-Harits bertanya kepada sahabat Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu,

فما الباقيات الصالحات؟

Disisi lain menurut sahabat Utsman radhiyallahu ‘anhu menjawab,

هي لاإله إلا الله، وسبحان الله، والحمدلله، والله أكبر، ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم

“Maksudnya adalah bacaan laa ilaaha illallallah, wa subhanallah, walhamdulillah, wallahu akbar, walaa haula walaa quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adhiim.”

Di dalam riwayat dari sahabat Utsman terdapat tambahan bacaan “walaa haula walaa quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adhiim.”

2. salat Lima Waktu.

Keterangan ini didasari dari hasil tafsir yang di terbitkan oleh Ibnu Abbas dan Amr bin Surohbil. (Tafsir At-Thabari).

3. Seluruh Amal Saleh.

Abdurrahman bin Zaid mengatakan,

هي الأعمال الصالحة كلها

“Al-baqiyaat as-sholihaat maksudnya adalah seluruh amal saleh.” (Tafsir Ibnu Katsir)

Keterangan ini juga bersumber dari sahabat Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma. Beliau radhiyallahu ‘anhuma mengatakan,

إنها كل عمل صالح من قول وفعل يبقى في الآخرة

“Maksudnya adalah semua amal saleh, baik yang berupa ucapan ataupun perbuatan, pahalanya akan langgeng di akhirat.” (Tafsir Al-Qurtubi)

Penafsiran ini dikuatkan oleh Ibnu Jarir At-Thobari dan diaminkan oleh Al-Qurtubi rahimahumallah. Beliau menegaskan di dalam kitab tafsir beliau,

وَهُوَ الصَّحِيحُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ، لِأَنَّ كُلَّ مَا بَقِيَ ثَوَابُهُ جاز أن يقال له هذا

“Inilah pendapat yang tepat, insyaallah. Karena setiap perbuatan yang pahalanya langgeng sampai ke akhirat boleh disebut sebagai al-baqiyaat as-sholihaat (amal saleh yang tersimpan pahalanya).“

Kemudian beliau menukil sebuah nasihat seorang ulama,

الْحَرْثُ حَرْثَانِ فَحَرْثُ الدُّنْيَا الْمَالُ وَالْبَنُونَ، وَحَرْثُ الْآخِرَةِ الْبَاقِيَ اتُ الصَّالِحَاتُ، وَقَدْ يَجْمَعُهُنَّ اللَّهُ تَعَالَى لِأَقْوَامٍ.

“Ladang itu ada dua, ladang dunia adalah harta dan anak keturunan, kemudian ladang akhirat adalah al-baqiyaat as-sholihaat. Terkadang Allah kumpulkan dua ladang ini pada hamba-hambaNya.” (Tafsir Al-Qurtubi, pada tafsir surah Al-Kahfi ayat 46)

Salamullah Ya Sadah Ialah

"Salamullah ya sadah" adalah kalimat dalam bahasa Arab yang bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai "Semoga kedamaian Allah bersama Anda, wahai saudara." Kalimat ini merupakan ucapan yang menyampaikan harapan untuk kedamaian, keberkahan, dan berkah Allah kepada seseorang atau saudara dalam konteks percakapan atau komunikasi.

 Bacaan Baqiyatus Sholihat Arab dan Indonesia

"Baqa'atus Sholihat" adalah sebuah doa atau bacaan yang sering dibaca oleh umat Islam. Bacaan ini meminta perlindungan, keberkahan, dan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan. Berikut adalah teks "Baqa'atus Sholihat" dalam bahasa Arab beserta terjemahan dalam bahasa Indonesia:

 بَقِيَّةُ الصَّالِحَاتِ مِنَ اللَّهِ وَسِيْـيَـاتِ النَّفْـسِ مِنَ الشَّيْـطَانِ وَشِرْكِ الاِْخْـوَةِ وَزِلَّةِ الاَْصْـحَابِ وَالْـخِيْبَـةِ مِنَ الْقَـوْلِ الْقَـذِرِ. يَا اَرْحَـمَ الرّٰحِمِيْنَ يَا اَكْـرَمَ الاَكْـرَمِيْنَ يَا اَبْـصَـرَ النَّاظِـرِيْنَ يَا غِيْـثَ الْمُسْتَغِيْثِيْنَ يَا سَـرَيْعَ السَّـمْعِ وَالْبَـصَـرِ يَا حَـيُّ يَا قَيُّـوْمُ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْاِكْـرَامِ يَا دَا الْجُـوْدِ وَالسَّخَاءِ يَا اَرْحَمَ الرّٰحِمِيْنَ

"Perlindungan dari Allah terhadap segala perbuatan baik dan perlindungan dari diri yang jahat, dari godaan setan, dari kerusakan persaudaraan, dari kesalahan teman, dan dari perkataan yang kotor. Wahai Tuhan yang Maha Penyayang, wahai Tuhan yang Maha Pemurah, wahai Tuhan yang Maha Mengetahui, wahai penolong bagi yang meminta pertolongan, wahai yang mendengar dan melihat dengan cepat, wahai yang Maha Hidup, wahai yang Maha Berdiri Sendiri, wahai yang memiliki keagungan dan kemuliaan, wahai yang Maha Pemberi Karunia."

Sekin pengertian dan penjelasan terkait al-bâqiyat ash-shâlihât serta. Jika kita ingin dicintai oleh Allah Swt, maka ucapkanlah kalimat yang dapat membuatNya mencintai kita. Simak artikel mediamu.com sebelumnya

Editor : Muhammad Fajrul Falaq. Tim Redaksi mediamu.com

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here