Islam

Islam

MediaMU.COM

May 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Apakah Guru Mursyid Itu?

Apakah Guru Mursyid

MEDIAMU.COM - Apakah Guru Mursyid Itu

Arti Guru Mursyid

Dalam perjalanan seorang salik / orang yang menempuh jalan untuk menuju ALLAH, pada umumnya seseorang akan memerlukan guru pembimbing, walaupun itu bukan hal mutlak seperti nabi Isa as yang begitu lahir langsung boleh berbicara dan jadi guru bagi orang2. Namun yang seperti itu sangatlah jarang terjadi.

Doa Untuk Guru Mursyid

Ya Allah, kami memohon kepada-Mu,
Berkahilah guru mursyid kami dengan kebijaksanaan dan pemahaman yang dalam tentang agama-Mu.
Lindungilah beliau dari segala kejahatan dan fitnah, dan berikanlah kesabaran serta keteguhan hati dalam menghadapi ujian.
Ya Allah, jadikanlah beliau sebagai pemandu yang menerangi jalan kami menuju kebenaran dan kebaikan.
Berikanlah beliau kesehatan dan kekuatan untuk terus menyebarkan ilmu-Mu.
Ya Allah, berilah beliau keberkahan dalam hidupnya dan jadikanlah setiap langkahnya sebagai amal jariyah yang terus mengalir pahalanya.
Aamiin.

Semoga doa ini bermanfaat bagi Anda dan guru mursyid kita semyua sebagai referensi.

Ciri-Ciri Guru Mursyid

Guru mursyid adalah seorang pembimbing spiritual dalam tradisi tasawuf atau sufisme dalam Islam. Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang biasanya dimiliki oleh seorang guru mursyid:

1. Keteladanan

Guru mursyid harus memiliki akhlak dan perilaku yang baik, serta menjadi contoh yang baik bagi murid-muridnya.

2. Ilmu Pengetahuan

Guru mursyid harus memiliki pengetahuan yang luas tentang agama, terutama tentang tasawuf, Al-Qur'an, Hadis, dan ilmu-ilmu syariah lainnya.

3. Kesalehan

Guru mursyid harus memiliki kedekatan dengan Allah SWT dan menjalankan ibadah dengan konsisten dan ikhlas.

4. Kesabaran

Guru mursyid harus sabar dalam menghadapi berbagai tantangan dan dalam membimbing murid-muridnya.

5. Kemampuan Bimbingan

Guru mursyid harus mampu memberikan bimbingan spiritual yang efektif kepada murid-muridnya, membantu mereka dalam perjalanan spiritual mereka.

6. Kesederhanaan

Guru mursyid seringkali hidup sederhana dan menjauhi kemewahan dunia.

7. Kepekaan

Guru mursyid harus peka terhadap kondisi spiritual dan emosional murid-muridnya, serta mampu memberikan nasihat yang tepat.

8. Warisan Spiritual

Guru mursyid biasanya memiliki silsilah atau rantai guru yang terhubung kembali ke guru-guru spiritual terdahulu, yang menunjukkan keabsahan dan kedalaman tradisi spiritualnya.

Apa Itu Makrifatullah

Makrifatullah adalah sebuah konsep dalam tasawuf yang merujuk pada pengenalan dan pemahaman mendalam tentang Allah SWT. Makrifatullah bukan hanya sekedar pengetahuan teoritis tentang Allah, tetapi lebih kepada pengalaman spiritual yang mendalam dan langsung, di mana seseorang merasakan kehadiran dan kebesaran Allah dalam kehidupannya.

Hubungan antara makrifatullah dan guru mursyid sangat erat. Dalam perjalanan spiritual untuk mencapai makrifatullah, seorang murid biasanya membutuhkan bimbingan dan arahan dari guru mursyid. Guru mursyid berperan sebagai pembimbing yang membantu muridnya dalam proses penyucian hati dan jiwa, serta membimbing mereka dalam praktik-praktik spiritual yang dapat membawa mereka lebih dekat kepada Allah.

Guru mursyid juga membantu muridnya untuk memahami hikmah dan makna yang lebih dalam dari pengalaman-pengalaman spiritual yang mereka alami. Dengan demikian, guru mursyid menjadi jembatan yang menghubungkan murid dengan makrifatullah, memandu mereka melalui jalan spiritual yang penuh tantangan menuju pemahaman dan pengalaman langsung tentang Allah.

Arti Muraqib

Muraqabah adalah sebuah konsep dalam tasawuf atau sufisme yang berarti "pengawasan" atau pengamatan diri. Ini adalah praktik meditasi atau kontemplasi di mana seseorang berusaha untuk mengembangkan kesadaran diri dan kehadiran batin dengan memusatkan perhatian pada Allah SWT dan mengawasi hati serta pikirannya sendiri. Tujuannya adalah untuk membersihkan hati dari segala hal selain Allah dan mencapai tingkat kesadaran spiritual yang lebih tinggi.

Hubungan antara muraqabah dan guru mursyid sangat erat. Guru mursyid berperan sebagai pembimbing dan pengajar dalam praktik muraqabah. Mereka memberikan petunjuk dan nasihat tentang bagaimana melaksanakan muraqabah dengan benar, membantu murid-muridnya dalam memahami pengalaman spiritual mereka, dan memberikan dukungan dalam perjalanan spiritual mereka. Guru mursyid juga seringkali menjadi contoh atau model dalam praktik muraqabah, menunjukkan bagaimana seseorang dapat hidup dalam keadaan kesadaran dan kehadiran yang konstan terhadap Allah SWT.

Syarat Untuk menjadi Mursyid 

- harus alim. Alim di sini dapat dibuktikan melalui karya tulis (buku atau dalam bentuk apa pun). Tokoh-tokoh besar dalam tasawuf Ahlussunnah wal Jamaah adalah orang-orang yang telah berhasil melahirkan berbagai karya ilmiah di berbagai bidang.

- seorang mursyid harus memiliki akhlak mulia dan pengalaman spiritual yang sudah mendarah daging berkat riyadhah-nya. Pengalaman spiritual tersebut memancar menjadi akhlak seperti sabar, syukur, tawakal, yakin, pemurah, qanaah (tidak serakah), pengasih, tawadhu, shiddiq, pemalu (haya’), wafa’ (selalu menepati janji), dan wiqar (tenang).

Penjelasan ini dapat ditelusuri dalam Kitab Khazinatul Asrar Jalilatul Adzkar karya Muhammad Sayyid Haqqi An-Nazili, halaman 192. Dua tanda tersebut sudah cukup dijadikan standar untuk mengetahui bahwa seseorang sudah memenuhi syarat untuk menjadi mursyid/muqaddam.

Penjelasan Guru Mursyid 

 Semoga ada manfaatnya. Paling tidak bisa dijadikan acuan agar kita tidak mudah tertipu dengan tawaran spiritualitas palsu yang dijajakan oleh orang-orang yang tidak jelas rekam jejak intelektual dan spiritualnya ini

Walaupun seseorang boleh berjalan sendiri tanpa bimbingan seorang guru, namun memang sangat jarang ada yang berhasil mencapai tujuan. ini karena seorang guru pembimbing sebenarnya memiliki cahaya "pengajaran" dari karunia Allah kepadanya, yang mana itu adalah "benih Makrifatullah" yang boleh diwariskan secara gaib kepada murid2nya yang melalui jalan yang ditempuhnya. 

Benih Makrifatullah inilah yang sebenarnya berharga dari seorang guru, inilah yang diperlukan seorang murid. Dan untuk mendapatkannya, harus melalui jalan yang dilalui sang guru. Jika berjalan sendiri, sulit mendapatkan benih Makrifatullah itu, sebab itu sudah masuk ranah gaib yang tidak boleh dijangkau akal manusia.

Demikianlah pengertian dari mursyid penjelasannya lebih dalam tentang . semoga Kita bisa belajar banyak dari artikel ini. Simak artikelnya di mediamu.com

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here