Islam

Islam

MediaMU.COM

Feb 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Kenapa Sholat Tahajud Tidak Membaca Doa Iftitah?

Kenapa Sholat Tahajud Tidak Membaca Doa Iftitah?

MEDIAMU.COM Kenapa Sholat Tahajud Tidak Membaca Doa Iftitah Pernah gak sih, di tengah keseriusan menjalankan ibadah Tahajud, kamu bertanya-tanya, Kenapa ya dalam sholat Tahajud kita tidak membaca doa iftitah? Nah, pertanyaan ini cukup menarik dan sering muncul di benak banyak orang, terutama bagi kamu yang sedang giat dalam mendalami ajaran Islam. 

Mengenal Sholat Tahajud

Sholat Tahajud adalah salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Sholat ini dilakukan di malam hari, khususnya setelah terjaga dari tidur. Keistimewaan sholat Tahajud terletak pada waktu pelaksanaannya yang dianggap sebagai waktu paling mustajab untuk berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Doa Iftitah: Apa dan Mengapa?

Doa iftitah adalah doa pembuka yang dibacakan setelah takbiratul ihram dalam sholat wajib. ini diucapkan sebagai penanda dimulainya sebuah dialog khusus dengan Allah SWT dalam sholat. Lalu, mengapa doa ini tidak dibaca dalam sholat Tahajud?

Sholat Tahajud dan Ketidakhadiran Doa Iftitah

Sholat Tahajud tidak melibatkan pembacaan doa iftitah karena sifatnya sebagai sholat sunnah. Dalam sholat sunnah, beberapa unsur yang wajib ada dalam sholat fardhu, seperti doa iftitah, tidak menjadi keharusan. Ini mencerminkan fleksibilitas dan kemudahan dalam praktik ibadah sunnah, sebagaimana ajaran Islam yang penuh dengan kemudahan dan keringanan.

Apakah Boleh Sholat Tahajud Tidak Membaca Doa Iftitah

Tidak membaca doa iftitah dalam shalat Tahajud bukanlah hal yang membatalkan shalat tersebut. Meskipun doa iftitah adalah bagian dari shalat yang baik dan dianjurkan, keberhasilan shalat Tahajud tidak tergantung pada doa ini. Yang lebih penting adalah niat yang tulus dan mematuhi rukun dan sunnah-sunnah shalat Tahajud.

Jadi, meskipun doa iftitah dapat memperdalam makna shalat, shalat Tahajud tetap sah tanpa membacanya. Tetaplah berusaha menjalankan shalat Tahajud dengan penuh khusyuk dan ikhlas.

Pendapat Ulama Tentang Doa Ifititah dalam Sholat Tahajud

Pendapat ulama mengenai doa iftitah dalam shalat Tahajud dapat bervariasi. Ini tergantung pada interpretasi masing-masing aliran atau mazhab dalam Islam. Berikut adalah beberapa pandangan umum dari beberapa mazhab dan ulama terkenal:

1 Mazhab Hanafi

Dalam mazhab Hanafi, doa iftitah bukanlah bagian yang wajib dalam shalat Tahajud. Meskipun dianjurkan untuk membacanya, shalat Tahajud tetap sah tanpa membacanya.

2. Mazhab Maliki

Dalam mazhab Maliki, doa iftitah juga tidak dianggap sebagai syarat yang wajib dalam shalat Tahajud. Dalam pandangan mereka, shalat Tahajud dapat dilakukan tanpa membaca doa iftitah, dan shalat tersebut tetap sah.

3. Mazhab Syafi'i

Dalam mazhab Syafi'i, doa iftitah dianggap sunnah dan dianjurkan, tetapi bukanlah bagian yang wajib dari shalat Tahajud. Jadi, shalat Tahajud tetap sah meskipun doa iftitah tidak dibaca.

4. Mazhab Hanbali

Dalam mazhab Hanbali, doa iftitah juga dianggap sebagai sunnah dan dianjurkan dalam shalat Tahajud. Namun, tidak membacanya tidak akan membatalkan sahnya shalat Tahajud.

Pendapat di atas mencerminkan variasi dalam pandangan ulama dari berbagai mazhab. Hal ini menunjukkan bahwa, meskipun doa iftitah adalah amalan yang baik dan dianjurkan, tidak wajib dalam shalat Tahajud, dan sah jika tidak dibacakan. Yang paling penting adalah niat yang tulus dan menjalankan shalat Tahajud dengan penuh khusyuk. Sebaiknya, jika memungkinkan, konsultasikan dengan ulama atau imam lokal untuk pandangan yang lebih spesifik sesuai dengan mazhab yang diikuti.

Alasan Lebih Lanjut

Dalam Islam, setiap ibadah memiliki tata cara yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Untuk sholat wajib, doa iftitah menjadi bagian penting yang menandai keseriusan dan kekhususan dalam beribadah. Sedangkan dalam sholat sunnah, termasuk Tahajud, fokus utamanya adalah pada keikhlasan dan keintiman dalam berdoa dan beribadah kepada Allah SWT, tanpa terikat oleh beberapa formalitas yang ada pada sholat wajib.

Pentingnya Memahami Tiap Ibadah

Memahami perbedaan ini penting bagi kita sebagai umat Muslim. Dengan memahami alasannya, kita tidak hanya menjalankan ibadah secara rutin, tetapi juga dengan penuh kesadaran dan kekhusyukan. Hal ini akan membawa kita pada pemahaman yang lebih dalam tentang keindahan dan kekayaan spiritual dalam ajaran Islam.

Sholat Tahajud Waktu untuk Berdoa dan Merenung

Sholat Tahajud juga menjadi waktu yang istimewa untuk berdoa dan merenung. Di saat sepi, kita bisa lebih khusyuk berkomunikasi dengan Allah SWT, menyampaikan harap dan rintih hati kita. Ini adalah saat dimana kita bisa merasakan kedekatan yang lebih intim dengan Sang Pencipta.

Doa Ifitiah Tahajud lengkap

Doa iftitah yang biasanya dibaca dalam shalat Tahajud adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَّا يَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لَّا يَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لَّا تَشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لَّا يُسْتَجَابُ لَهَا

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima.

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyu', nafsu yang tidak puas, dan doa yang tidak diijabah.

Ini adalah doa iftitah yang sering dibaca di awal shalat Tahajud. Doa ini mengandung permohonan kepada Allah untuk memberikan ilmu yang berguna, rezeki yang baik, dan amal yang diterima, serta perlindungan dari ilmu yang tidak berguna, hati yang tidak khusyu', nafsu yang tidak puas, dan doa yang tidak diijabah. Doa iftitah ini dapat memperdalam makna dan kesadaran dalam shalat Tahajud.

Tahajud dan Keutamaannya dalam Islam

Keutamaan sholat Tahajud tidak hanya terletak pada waktunya yang mustajab, tapi juga pada kesempatan untuk merenung dan introspeksi diri. Di waktu ini, kita bisa lebih tenang dan fokus dalam beribadah, tanpa gangguan dan kebisingan aktivitas sehari-hari.

Kesimpulan dan Ajakan untuk Terus Belajar

itulah alasan mengapa dalam sholat Tahajud kita tidak membaca doa iftitah. Semoga pembahasan ini bisa memberikan pencerahan dan menambah kekhusyukan kita dalam beribadah. Dan ingat, untuk wawasan lebih luas seputar Islam dan berbagai topik menarik lainnya, kunjungi mediamu.com.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here