Islam

Islam

MediaMU.COM

Apr 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Doa dan Manfaat Basyairul Khairat

Doa dan Manfaat Basyairul Khairat

MEDIAMU.COM - Sholawat basyairul khairat memiliki keutamaan keutamaan yang banyak. Sholawat memiliki kandungan pujian kepada Baginda Rasulullah SAW serta jadi amalan ringan limpahan pahala besar ketika mengamalkan nya.Sholawat basyairul khairat merupakan petunjuk dari Allah SWT yang diberikan kepada Syekh Abdul Qadir al-Jaelani melalui perantara Rasulullah SAW.

Pengantar Basyairul Khairat

Sejarah Basyairul Khairat

Basyairul Khairat, karya monumental Syekh Abu Bakar bin Salim, lahir dari inspirasi spiritual di Hadramaut, Yaman. Kitab ini merangkum doa dan pujian, menjadi panduan umat Islam dalam mendekatkan diri kepada Allah dan Rasulullah SAW. Dikenal luas di Indonesia, Basyairul Khairat tidak hanya sekedar bacaan, tetapi juga sarana introspeksi dan peningkatan iman.

Kehadirannya di tengah masyarakat menandai pengaruh besar tasawuf dan kecintaan pada Nabi Muhammad SAW, menjadikannya lebih dari sekadar teks, melainkan jembatan spiritual antara umat dengan penciptanya.

Pengarang Basyairul Khairat: Syekh Abu Bakar bin Salim

Syekh Abu Bakar bin Salim, pengarang Basyairul Khairat, merupakan sosok ulama terkemuka dari Hadramaut, Yaman. Beliau dikenal sebagai wali besar yang memiliki kedalaman ilmu dan ketakwaan. Karya-karyanya, khususnya Basyairul Khairat, telah menjadi panduan spiritual bagi umat Islam di berbagai belahan dunia. Kitab ini mengandung doa dan pujian yang membimbing umat untuk mendekatkan diri kepada Allah dan Rasul-Nya. Kehidupan dan karya Syekh Abu Bakar bin Salim terus menginspirasi dan memberikan manfaat spiritual bagi mereka yang mengamalkannya.

Keutamaan dan Manfaat Basyairul Khairat

Peningkatan Ketakwaan dan Kedekatan kepada Allah

Mengamalkan Basyairul Khairat membantu meningkatkan ketakwaan dan kedekatan kepada Allah SWT. Melalui doa dan dzikir yang terkandung di dalamnya, umat Islam diajak untuk senantiasa mengingat dan memuji kebesaran Allah. Kedekatan ini bukan hanya sekedar ritual, tetapi juga membawa dampak positif dalam kehidupan sehari-hari, seperti ketenangan hati, kejernihan pikiran, dan kekuatan dalam menghadapi cobaan. Dengan konsistensi dalam membaca Basyairul Khairat, seseorang akan merasakan peningkatan iman dan ketakwaan, serta keharmonisan hubungan dengan Sang Pencipta.

Perlindungan dari Bencana dan Kesulitan

Salah satu manfaat penting dari Basyairul Khairat adalah perlindungan dari bencana dan kesulitan. Doa-doa yang terkandung dalam kitab ini dipercaya memiliki kekuatan untuk menjaga umat Islam dari berbagai musibah, baik yang bersifat fisik maupun spiritual. Dengan mengamalkan Basyairul Khairat, seseorang dapat memohon kepada Allah SWT agar diberikan keselamatan dari segala bentuk bencana, seperti bencana alam, penyakit, atau gangguan keamanan.

Selain itu, doa-doa ini juga membantu menguatkan hati dan mental dalam menghadapi tantangan hidup, sehingga seseorang dapat melewati masa-masa sulit dengan lebih sabar dan tenang. Oleh karena itu, Basyairul Khairat dianggap sebagai salah satu amalan yang sangat bermanfaat untuk memperoleh perlindungan dan ketenangan dalam kehidupan sehari-hari.

Pembuka Pintu Rezeki dan Kemudahan

Salah satu manfaat dari mengamalkan Basyairul Khairat adalah pembukaan pintu rezeki dan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan. Doa-doa yang terkandung di dalamnya dipercaya memiliki kekuatan untuk menarik berkah dan memudahkan jalan mencapai kesuksesan. Basyairul Khairat sering dijadikan amalan rutin oleh banyak orang untuk memohon kelancaran usaha, pekerjaan, dan keberuntungan dalam berbagai urusan.

Dengan keyakinan dan keikhlasan hati, doa-doa ini diyakini mampu membawa perubahan positif dalam hidup, membuka peluang yang sebelumnya tidak terbayangkan, dan memudahkan pencapaian tujuan-tujuan duniawi maupun ukhrawi.

Pembersihan Hati dan Jiwa

Salah satu manfaat utama dari Basyairul Khairat adalah pembersihan hati dan jiwa. Doa-doa yang terkandung di dalamnya membantu membersihkan hati dari segala bentuk penyakit hati, seperti dengki, iri, dan kebencian. Dengan membaca Basyairul Khairat secara rutin, umat Islam dapat mengembangkan sikap tawadu dan kasih sayang, serta meningkatkan kesadaran spiritual.

Proses pembersihan ini tidak hanya membawa ketenangan batin, tetapi juga membuka pintu untuk mendapatkan hidayah dan rahmat dari Allah SWT. Dengan hati yang bersih, seseorang dapat lebih mudah menerima kebenaran dan mengamalkan ajaran Islam dengan lebih ikhlas dan tulus.

Doa-Doa dalam Basyairul Khairat

Beliau sendiri pernah berkata kepada murid-muridnya:

خُذُوْا مِنِّي هٰذِهِ الصَّلَاةَ فَإِنِّي قَدْ أَخَذْتُهَا بِاِلْهَامٍ مِنَ اللهِ

Artinya: "Kalian ambillah semua dari shalawat (Basyairul Khairat) ini karena sesungguhnya, aku telah mengambilnya dari Allah karena adanya ilham." (Syekh Abdul Qadir, as-Shalawatul Mansubah lisy Syekh Abdul Qadir)

Shalawat ini memang tidak memiliki sejarah dan latar belakang secara khusus di balik penulisannya. Namun, apakah shalawat yang tidak memiliki sejarah lantas tidak memiliki faedah dan manfaat? Jawabannya tentu tidak. Sebab, Allah tidak akan memberikan suatu amalan maupun bacaan secara khusus jika tidak memiliki faedah dan manfaat di dalamnya. Lantas, apa saja manfaat shalawat Basyairul Khairat?

- derajat yang luhur

- doa tidak akan sia-sia.

- didatangi empat malaikat ketika ajalnya datang.

- diampuni dosanya dan dosa orang lain.

Adapun lafadz dari sholawat ini yaitu 

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ. اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ البَشِيرِ الْمُبَشِّرِ لِلْمُؤْمِنِينَ بما قَالَ العَظِيمِ: وَ أَنَّ اللَّهَ لَا يُضِيعُ أَجْرَ الْمُؤْمِنِيْنَ

Arab latin: Bismillahi rahmani rahim allahumma sholli wasalim 'ala sayyidina muhammadilbasyiril mubasysyiril mu'miniina bima qoolallohul adhim abasysyiril mu'minina waannalloha layudhii'u ajrol mu'miniina

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, berkati dan berikan kedamaian kepada junjungan kami Muhammad,

Pembawa kabar gembira bagi orang-orang beriman tentang apa yang dikatakan Yang Maha Agung bahwa Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang beriman."

Doa Memohon Ampunan dan Rahmat

Dalam Basyairul Khairat, doa memohon ampunan dan rahmat merupakan bagian penting yang membantu umat Islam mendekatkan diri kepada Allah SWT. Doa ini berisi permohonan agar Allah mengampuni segala dosa dan kesalahan, serta memberikan rahmat-Nya yang tak terhingga. Melalui doa ini, kita diajak untuk selalu introspeksi diri dan memohon ampun atas segala kekhilafan.

Dengan mengucapkan doa ini secara khusyuk dan tulus, kita berharap mendapatkan keampunan dan rahmat dari Allah, sehingga hati menjadi lebih tenang dan jiwa terasa lebih ringan. Doa ini juga mengingatkan kita tentang pentingnya sikap rendah hati dan selalu memohon perlindungan dari Allah di setiap langkah kehidupan.

Doa Memohon Perlindungan dari Segala Marabahaya

Dalam Basyairul Khairat, terdapat doa khusus yang bertujuan untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT dari segala bentuk marabahaya, baik yang tampak maupun yang tersembunyi. Doa ini sangat dianjurkan untuk diamalkan sebagai bentuk ikhtiar spiritual dalam menghadapi berbagai tantangan dan ancaman dalam kehidupan.

Dengan mengucapkan doa ini, umat Islam memohon agar Allah menjaga diri, keluarga, dan harta benda mereka dari segala musibah, bencana alam, penyakit, fitnah, dan kejahatan. Melalui doa perlindungan dalam Basyairul Khairat, umat Islam diingatkan akan pentingnya berserah diri dan mempercayakan segala urusan kepada Allah, Sang Pemelihara dan Pelindung terbaik.

Tata Cara Mengamalkan Basyairul Khairat

Waktu dan Tempat yang Disarankan

Waktu dan tempat yang disarankan untuk mengamalkan Basyairul Khairat memiliki peran penting dalam mencapai kekhusyukan dan keberkahan maksimal. Idealnya, membaca Basyairul Khairat dilakukan pada waktu-waktu mustajab, seperti sepertiga malam terakhir, setelah sholat fardhu, atau pada hari Jumat.

Tempat yang tenang, bersih, dan suci, seperti di dalam masjid atau ruang ibadah pribadi, sangat dianjurkan untuk mendukung konsentrasi dan kekhusyukan dalam berdoa. Menghadap kiblat dan berwudhu sebelum membaca doa juga dapat menambah keberkahan dan kesungguhan dalam beribadah.

Dengan memperhatikan waktu dan tempat yang disarankan, pengamalan Basyairul Khairat diharapkan dapat membawa manfaat spiritual yang lebih dalam dan meningkatkan kedekatan dengan Allah SWT.

Adab dan Tata Cara Membaca

Mengamalkan Basyairul Khairat disarankan dilakukan pada waktu-waktu mustajab, seperti setelah sholat fardhu, pada malam Jumat, atau di waktu sahur. Adab membaca Basyairul Khairat meliputi berwudhu, menghadap kiblat, dan membaca dengan khusyuk serta hati yang tulus. Sebelum memulai, niatkan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan Rasul-Nya.

Bacalah dengan suara yang merdu dan tidak tergesa-gesa, sambil merenungkan makna setiap doa dan pujian. Setelah selesai, tutup dengan doa penutup dan berdoalah agar amalan diterima serta mendatangkan manfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Konsistensi dalam mengamalkan Basyairul Khairat akan meningkatkan keberkahan dan kebaikan dalam kehidupan.

Kesaksian dan Pengalaman Umat

Kisah Nyata Keberkahan Basyairul Khairat

Kisah nyata keberkahan Basyairul Khairat sering dikaitkan dengan pengalaman spiritual yang mendalam. Seorang pedagang di Surabaya, misalnya, menceritakan bagaimana doa Basyairul Khairat membantunya keluar dari kesulitan finansial.

Setelah rutin membaca doa ini setiap Jumat pagi, ia merasakan kedamaian dan keberuntungan dalam bisnisnya. Kisah lain datang dari seorang ibu di Bandung yang anaknya sembuh dari sakit parah setelah mengamalkan doa Basyairul Khairat. Kisah-kisah ini menunjukkan bagaimana amalan Basyairul Khairat dapat membawa berkah dan perlindungan dalam kehidupan sehari-hari.

Ingin memperdalam pemahaman Anda tentang Basyairul Khairat dan merasakan keberkahannya dalam kehidupan Anda? Kunjungi website kami di mediamu.com (untuk mendapatkan panduan lengkap, doa, dan tips mengamalkannya. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mendekatkan diri kepada Allah dan Rasul-Nya.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here