Islam

Islam

MediaMU.COM

Apr 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Kewajiban Siapa menghidupi Keluarga Menurut Islam?

MEDIAMU.COM - Dalam sebuah keluarga ada yang si sebut sebagai Kepala Keluarga. Kepala keluarga memiliki hubungan yang tak terpisahkan dari kewajiban seorang laki-laki yang berperan sebagai kepala rumah tangga. Agama Islam menempatkan kewajiban menafkahi keluarga sebagai bentuk amal ibadah yang bernilai tinggi. 

Rasulullah saw dalam berbagai riwayat mengapresiasi orang-orang yang menjadi tulang punggung bagi keluarganya. Rasulullah menyebutkan bahwa makanan yang dikonsumsi oleh anggota keluarganya dari jerih payahnya bernilai sedekah.

Artinya, “Rasulullah saw bersabda, ‘Nafkah yang diberikan seorang kepala rumah tangga kepada keluarganya bernilai sedekah. Sungguh, seseorang diberi ganjaran karena meski sesuap nasi yang dia masukkan ke dalam mulut keluarganya,’” (HR Muttafaq alaih).

Juga termaktub dalam Al-Qur'an Surah Al-Baqarah ayat 233 yang artinya "Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara makruf".

Imam Ibnu Katsir menjelaskan berupa diwajibkan atas orang tua si anak memberi nafkah dan sandang ibu anaknya dengan cara yang makruf, yakni menurut tradisi yang berlaku bagi semisal mereka di negeri yang bersangkutan tanpa berlebih-lebihan, juga tidak terlalu minim. Hal ini disesuaikan dengan kemampuan pihak suami dalam hal kemampuan ekonominya, karena ada yang kaya, ada yang pertengahan, ada pula yang miskin. Seperti yang dijelaskan di dalam firman Allah

Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekadar) apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan (At-Talaq: 7).

Berbicara tentang nafkah merupakan sebuah hal kewajiban untuk kepala keluarga untuk memenuhi semua kebutuhan dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Bahkan tercantum di dalam Al-Qur'an dan sabda dari Baginda Rasulullah SAW. Namun tentu, sesuai dengan kesanggupannya.

Editor: Muhammad Fajrul Falaq. Tim Redaksi MEDIAMU.COM

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here