Islam

Islam

MediaMU.COM

Apr 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Perbedaan Dzikir dan Wirid Serta Bacaannya

Foto Ilustrasi

MEDIAMU.COM - Wirid merupakan sebuah ibadah yang bisa dilakukan setelah salat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, wirid adalah kutipan-kutipan Al-Qur'an yang ditetapkan untuk dibaca.

Secara umum, wirid adaah membaca bacaan tertentu secara terus-menerus yang dijadikan sebagai amalan rutin.

Also Read Penyakit Jiwa

Wirid bukan berupa bacaan zikir saja, tetapi juga kerap dikombinasikan dengan bacaan ayat-ayat dalam Al-Qur'an hingga bacaan doa lain yang disesuaikan dengan situasi. Menjalankan bacaan tertentu untuk mendapatkan pencerahan. Tak heran, bacaan wirid lebih panjang dibandingkan amalan zikir.

Membaca doa wirid dapat diamalkan kapan pun, satu di antaranya sesudah salat wajib. Bahkan, amalan ini juga dikerjakan oleh Rasulullah saw. beserta para sahabatnya dan para ulama.

Simpel nya perbedaan antara zikir dan wirid ialah  semua wirid adalah zikir, sedangkan semua zikir belum tentu wirid. Wirid adalah salah satu amalan yang bisa dilaksanakan setelah sholat. Bacaan wirid ini terdiri dari istighfar, tasbih, tahmid, takbir, tahlil, dan bacaan doa setelah sholat.  

Bacaan wirid ini diantaranya sebagai berikut:

1. Istighfar 3 Kali

2. Doa Setelah Sholat Fardu

Setelah sholat fardu sebagai bacaan wirid adalah sebagai berikut:

لَااِلَهَ اِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْر

Artinya:

"Tidak ada Rabb yang berhak disembah kecuali Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan. Bagi-Nya pujaan. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu."

3. Doa Perlindungan dari Siksa Api Neraka

للَّهُمَّ أَجِرْنِـى مِنَ النَّارِ

Artinya:

"Ya Allah lindungilah aku dari api neraka"

4. Doa Mohon Keselamatan

للَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَارَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَاَدْخِلْنَا الْـجَنَّةَ دَارَ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام.

Artinya:"Ya Allah, Engkaulah As-Salaam (Yang selamat dari kejelekan-kejelekan, kekurangan-kekurangan dan kerusakan-kerusakan) dan dari-Mu as-salaam (keselamatan), Maha Berkah Engkau Wahai Dzat Yang Maha Agung dan Maha Baik"

5. Membaca Tasbih, Tahmid, Takbir

6. Membaca Tahlil dan Doa Memohon Ampunan Allah

7. Doa Agar Ibadah Diterima Allah SWT

8. Doa Memohon Keselamatan

9. Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Demikianlah perbedaan dzikir dan wirid yang bacaan dari wirid ini. Yang selalu kita amalkan ketika sehabis melaksanakan kewajiban kita yaitu sholat lima waktu. Simak artikel lainnya di mediamu.com

Editor : Muhammad Fajrul Falaq. Tim Redaksi mediamu.com

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here