Islam

Islam

MediaMU.COM

Apr 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Tata Cara Sholat Taubat Lengkap dengan Do'anya

Tata Cara Sholat Taubat Lengkap dengan Do'anya. ilustrasi oleh: mediamu.com

Tata Cara Sholat Taubat Lengkap dengan Do'anya Dalam perjalanan hidup ini, tidak ada yang sempurna, dan seringkali kita merasa terjatuh dalam dosa dan kesalahan. Namun, Allah SWT, yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, memberikan kita kesempatan untuk bertaubat. Salah satu bentuk taubat yang paling mulia adalah melalui sholat taubat. Dengan mengikuti tata cara pelaksanaan sholat taubat yang benar dan penuh ketulusan, cara melaksanakan sholat taubat untuk mendapat meraih keampunan-Nya. 

Mengenal Arti Sejati Taubat

Sebelum memahami tata cara sholat taubat muhammadiyah Taubat Lengkap dengan Do'anya, kita perlu memahami makna sejati dari taubat itu sendiri. Taubat bukan hanya sekedar meminta maaf, tetapi juga sebuah kesadaran akan kesalahan yang telah dilakukan. Taubat merupakan langkah2 sholat taubat awal menuju perbaikan diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Persiapan Sebelum Sholat Taubat

Sebelum melaksanakan sholat taubat, persiapkanlah diri dengan sungguh-sungguh. Ambillah wudhu dengan hati yang khusyuk, membersihkan diri dari segala kotoran fisik maupun spiritual. Sejalan dengan niat yang tulus, persiapkan diri untuk bertemu dengan Sang Pencipta.

Niat yang Tulus dan Ikhlas

Sebelum memulai sholat taubat, niatkanlah dalam hati dengan tulus dan ikhlas bahwa sholat ini adalah bentuk taubat kita kepada Allah SWT. Niat yang murni akan memberikan makna yang lebih mendalam pada setiap gerakan sholat lakukan agar tata cara sholat taubat yang benar.

Melaksanakan Sholat Sunnah Taubat

Sebelum sholat wajib, lakukanlah sholat sunnah taubat sebagai bentuk kesungguhan kita dalam bertaubat. Sholat sunnah taubat dapat dilakukan dengan dua rakaat, di mana setiap gerakan harus dijalani dengan penuh khushu’ (khusyuk) berikut tata cara solat taubat

Doa Sebelum Sholat Taubat

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَغْفِرُكَ لِكُلِّ ذَنْبٍ خَطَوْتُ إِلَيْهِ بِرِجْلَى، أَوْ مَدَدْتُ إِلَيْهِ يَدِى، أَوْ تَأَمَّلْتُهُ بِبَصَرِى، أَوْ أَصْغَيْتُ إِلَيْهِ بِأُذُنِى، أَوْ نَطَقَ بِهِ لِسَانِى، أَوْ أَتَلَفْتُ فِيهِ مَا رَزَقْتَنِى ثُمَّ اسْتَرْزَقْتُكَ عَلَى عِصْيَانِى فَرَزَقْتَنِى، ثُمَّ مِنْكَ اسْتَغْفِرُكَ يَا غَفُورُ يَا رَحِيمُ

Allahumma inni astaghfiruka li kulli dzanbin khatawtu ilaihi birijlaya, aw maddadtu ilaihi yadi, aw ta'ammaltuhu bibashari, aw asghaytu ilaihi bi'udhuni, aw nataqa bihi lisani, aw atlafhtu fihi ma razaqtani thumma istarzaqtuka 'ala 'isya-ni farazaqtani, thumma minka astaghfiruka ya Ghafuru ya Rahimu.

Artinya
Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ampunan-Mu untuk setiap dosa yang aku lakukan dengan melangkah dengan kakiku, atau memperpanjang tanganku kepadanya, atau memandangnya dengan penglihatanku, atau mendengarkannya dengan telingaku, atau mengucapkannya dengan lidahku, atau membinasakan apa yang Engkau rezekikan kepadaku. Kemudian aku meminta rezeki kepada-Mu atas kemaksiatan yang aku lakukan, lalu Engkau memberikannya kepadaku. Kemudian dari-Mu aku memohon ampunan-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Doa ini dibaca sebelum memulai sholat taubat. Sholat taubat merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan.

Rukun Sholat Taubat dan Do'anya

Setelah sholat sunnah taubat, lakukanlah sholat taubat tata caranya  dengan memperhatikan rukun-rukunnya. Ikuti langkah langkah sholat taubat berikut:

1. Takbiratul Ihram

الله أكبر

Allahu Akbar
Allah Maha Besar

3. Doa Istiftah

سبحانك اللهم وبحمدك وتبارك اسمك وتعالى جدك ولا إله غيرك

4. Qiyam

Berdirilah dengan tegak dan khusyuk, menyadari hadirnya Allah SWT di depan kita. Bacalah surat Al-Fatihah dan bacaan surat pendek sholat taubat

bacaan surat pendek sholat taubat

Salah satu surat pendek dalam sholat taubat adalah Surat Al-Ikhlas surat pendek untuk sholat taubat. Berikut adalah bacaan Surat Al-Ikhlas

Surat Al-Ikhlas 

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ
Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa.

اللَّهُ الصَّمَدُ
Allah tempat meminta segala sesuatu.

لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ
Tidak beranak dan tidak pula diperanakkan,

وَلَمْ يَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدٌۢ
Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia."

Surat ini mengandung makna yang sangat dalam tentang keesaan Allah, dan sering dibaca dalam sholat taubat sebagai ungkapan ketundukan dan permohonan ampun kepada Allah SWT.

5. Tasmi' (Sami' Allahu liman hamidah)

سمع الله لمن حمده

Sami' Allahu liman hamidah
Allah Maha Mendengar bagi orang yang memuji-Nya.

6. Ruku' (Subhana Rabbiyal Azim)

سبحان ربي العظيم

Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung.

7. Sujud (Subhana Rabbiyal A'la

سبحان ربي الأعلى

Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi.

8. Tasyahhud Akhir

التحيات لله والصلوات والطيبات لله

At-tahiyyatu lillahi wassalawatu wattaibat, as-salamu 'alaika ayyuha-nnabiyyu wa rahmatullahi wa barakatuhu, as-salamu 'alaina wa 'ala ibadillahis-salihin, asyhadu an la ilaha illallah wa asyhadu anna Muhammadan 'abduhu wa rasuluh

9 . salam 

sebagai penutup sholat, ucapkan salam menggunakan cara menggerakkan kepala Anda ke kanan serta ke arah kiri, menandakan berakhirnya sholat.

 Doa Taubat

اللهم إني تائب إليك من كل ذنب وأستغفرك من كل معصية

Allahumma inni taibun ilaika min kulli dhanbin wa astaghfiruka min kulli ma'siyah

 Ya Allah, sesungguhnya aku bertaubat kepada-Mu dari setiap dosa, dan aku memohon ampun kepada-Mu dari setiap kesalahan.

Bacaan dan Tata cara sholat taubat perempuan

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. شَلَاتُ التَّوْبَةِ يَجِبُ أَنْ تُؤَدَّى بِنِيَّةٍ صَافِيَةٍ وَقَلْبٍ مُنِيبٍ. يُصَلِّي المَرْأَةُ رَكْعَتَيْنِ أَوْ أَكْثَرَ، ثُمَّ تَدْعُو بِالتَّوْبَةِ وَالاسْتِغْفَارِ، مُسْتَحْضِرَةً خَشْيَةَ اللهِ.

Terjemahan
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Shalat taubat harus dilakukan dengan niat yang tulus dan hati yang kembali. Wanita melaksanakan dua rakaat atau lebih, kemudian berdoa dengan taubat dan memohon ampunan, dengan membawa rasa takut akan Allah.

Do'a Setelah Sholat Taubat

Setelah menyelesaikan sholat taubat, lanjutkan dengan do'a sholat taubat. Minta keampunan, petunjuk, dan kekuatan agar tetap istiqamah dalam menjalani hidup yang lebih baik. Ingatlah, Allah Maha Pengampun dan Maha Penerima Taubat.

Memperbanyak Amalan Sholih

Setelah melaksanakan tata cara sholat taubat beserta doanya, perbanyaklah amalan sholih sebagai bukti kesungguhan taubat kita. Bersedekah, berbuat baik kepada sesama, dan memperbaiki hubungan dengan orang lain.

Arahkan Diri ke Kebaikan Lebih Lanjut

Dalam menjalani hidup, terdapat banyak rintangan dan godaan. Setelah melaksanakan sholat taubat, arahkan diri kita ke arah kebaikan yang lebih lanjut. Jangan lupa untuk terus meningkatkan keimanan, memperbaiki diri, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Untuk informasi lebih lanjut mengenaitata cara sholat taubah menurut muhammadiyah dan pembahasan agama lainnya, kunjungilah website kami di mediamu.com .

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here