Islam

Islam

MediaMU.COM

Feb 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Mengetahui Lebih Dalam Surah Al-Baqarah 155 - 157

Mengetahui Lebih Dalam Surah Al-Baqarah Ayat 155 - 157. ilustrasi oleh: mediamu.com

MEDIAMU.COM -  Mengetahui Lebih Dalam Surah Al-Baqarah 155 - 157

Memaknai Al-Qur'an Surah Al-Baqarah

Di dalam Alquran terdapat surah al-baqarah yang di mana surah ini terdapat 286 ayat salah satunya pada ayat 155 sampai dengan ayat 157 yang membahas tentang tanggapan manusia ketika dia diberikan sebuah ujian oleh Allah subhanahu wa ta'ala untuk mengukur sebuah keimanan mereka.

Surah al-baqarah ini memiliki arti berupa sapi betina yang di mana detail-detail tentang semua kehidupan manusia diatur di dalam surah ini termasuk dalam menyikapi rasa sabar di dalam menghadapi sebuah masalah.

Isi Surah Al-Baqarah 155


وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَمْوَالِ وَالْاَنْفُسِ وَالثَّمَرٰتِۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ ۝١٥٥

wa lanabluwannakum bisyai'im minal-khaufi wal-jû‘i wa naqshim minal-amwâli wal-anfusi wats-tsamarât, wa basysyirish-shâbirîn

Kami pasti akan mengujimu dengan sedikit ketakutan dan kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Sampaikanlah (wahai Nabi Muhammad,) kabar gembira kepada orang-orang sabar.

Isi Surah Al-Baqarah Ayat 156 (ayat musibah al-baqarah)

atau bisa disebut dan diketahui oleh masyarakat sebagai ayat merespon musibah atau ayat musibah


اَلَّذِيْنَ اِذَآ اَصَابَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌۗ قَالُوْٓا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ ۝١٥٦

alladzîna idzâ ashâbat-hum mushîbah, qâlû innâ lillâhi wa innâ ilaihi râji‘ûn

(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan “Innā lillāhi wa innā ilaihi rāji‘ūn” (sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya hanya kepada-Nya kami akan kembali

Isi Surah Al-Baqarah Ayat 157


اُولٰۤىِٕكَ عَلَيْهِمْ صَلَوٰتٌ مِّنْ رَّبِّهِمْ وَرَحْمَةٌۗ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُهْتَدُوْنَ ۝١٥٧

ulâ'ika ‘alaihim shalawâtum mir rabbihim wa raḫmah, wa ulâ'ika humul-muhtadûn

Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Tuhannya dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk

Isi kandungan dari ayat 155-157

Terdapat beberapa isi kandungan dari ayat tersebut
1. Di mana ayat ini menjelaskan tentang pentingnya sikap sabar dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
2. Ayat ini juga memberikan penjelasan bagaimana kita mengucapkan kalimat innalillahi wa inna ilaihi rojiun ketika kita mendapatkan sebuah masalah.
3. Yang di mana ayat ini menjelaskan kepada kita bagaimana ciri orang yang beriman yaitu memiliki sifat sabar.

Allah Akan Menguji Hambanya Dengan Sedikit Ketakutan

Kalimat "Allah akan menguji hambanya dengan sedikit ketakutan" merujuk pada keyakinan dalam agama Islam bahwa Allah SWT dapat menguji atau mencoba hamba-Nya dengan berbagai cara, termasuk dengan memberikan pengalaman ketakutan atau cobaan yang bisa membuat seseorang merasa takut atau khawatir. Tujuan dari ujian atau cobaan ini adalah untuk menguji kesabaran, keteguhan iman, dan ketaatan seseorang kepada Allah.

Dalam Islam, percaya bahwa ujian dan cobaan adalah bagian dari kehidupan manusia, dan cara seseorang meresponsnya dapat membawa pahala atau mendekatkan diri kepada Allah. Ketika dihadapkan pada ketakutan atau cobaan, seorang muslim diajarkan untuk berserah diri kepada Allah, memohon perlindungan dan petunjuk-Nya, serta memelihara iman dan kesabaran dalam menghadapi situasi tersebut.

Jadi, pesan dari kalimat ini adalah untuk menghadapi ujian dan cobaan dengan kepercayaan kepada Allah, berdoa untuk bimbingan dan perlindungan-Nya, serta memperkuat iman dan ketakwaan dalam menghadapinya.

Tafsir menurut Ibnu Katsir

Menurut Ibnu Katsir tentang Tafsir surah al-baqarah 155 157 yang di mana Allah akan menguji kalian dengan sedikit ketakutan sehingga kita diberikan berita gembira kepada orang-orang yang bersabar 

Sebagian ulama salaf mengatakan sebagaimana pohon kurma sering tidak berbuah. Yang ini dikarenakan salah satu ujian yang ditimpakan oleh Allah kepada hambanya maka ketika kita menunggu buah itu kembali berbuah maka kita perlu bersabar ketika kita bersabar maka kita akan mendapatkan sebuah pahala dan sebaliknya ketika kita tidak sabar maka azab lah yang akan menimpanya kita.

Di dalam kitab Shahih Muslim disebutkan dari Ummu Salamah. Ia mengatakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah ﷺ bersabda: Tidak sekali-kali seorang hamba tertimpa musibah, lalu ia mengucapkan, "Inna lillahi wainna ilaihi raji'un (Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya hanya kepada-Nyalah kami dikembalikan). Ya Allah, berilah daku pahala dalam musibahku ini, dan berilah daku ganti yang lebih baik daripadanya," melainkan Allah akan memberinya pahala dalam musibahnya itu dan memberinya ganti yang lebih baik daripadanya. Ummu Salamah melanjutkan kisahnya, "Ketika Abu Salamah meninggal dunia, aku mengucapkan doa seperti yang diperintahkan oleh Rasulullah ﷺ itu. Maka Allah memberiku ganti yang lebih baik daripada Abu Salamah, yaitu Rasulullah ﷺ sendiri."

Hikmah pelajaran yang bisa dipetik

Dari isi kandungan serta tafsir yang ada kita bisa mengambil beberapa kesimpulan atau hikmah untuk perbaikan kualitas Kita sebagai manusia yang umum dan mukmin.

Musibah akan menimpa kita dalam bentuk apapun berupa cobaan maupun nikmat dari Allah subhanahu wa ta'ala yang terpenting bagaimana kita menyikapi musibah itu apakah kita tetap bersyukur ataukah kita mengucapkan sesuai dengan konteks sunnatullah di dalam dalil yang kita bahas di atas agar kita menjadi manusia yang diharapkan senantiasa mempersiapkan diri dan membutuhkan kesadaran untuk menghadapi musibah tersebut.

Pada hakekatnya sebuah ujian ini merupakan salah satu bentuk untuk Allah subhanahu wa ta'ala menaikkan derajat kita sebagai hambanya sehingga ketika kita berhasil melewati ujian tersebut maka kita memiliki peningkatan nilai dan kualitas keimanan yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah Quran surah al-baqarah ayat 55 sampai 157 yang ini memiliki arti dan Tafsir isi kandungan beserta hikmahnya agar hamba Allah ketika diberi cobaan untuk selalu dihadapi dan mengucapkan innalillahi wa inna ilaihi rojiun namun tidak disarankan untuk lari dari sebuah masalah.

Semoga artikel ini memberikan kita wawasan dan pengetahuan baru terkait surah al-baqarah ini. Simak artikel lainnya di mediamu.com

Editor: Muhammad Fajrul Falaq

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here