Islam

Islam

MediaMU.COM

Apr 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Hadist Anjuran Berbuat Baik Kepada Tetangga

MEDIAMU.COM - Tetangga merupakan orang yang dekat dengan diri kita. Tetangga menjadi bagian penting dalam hidup seseorang. Sebab, tetangga dapat membantu di saat kita memerlukan bantuan.

Karena pentingnya berlaku baik kepada tetangga Nabi Muhammad SAW menyebut banyak hadits terkait apa-apa yang harus dilakukan kepada tetangga. Sebagai berikut:

1. Berbuat Baik kepada Tetangga

Mengenai perbuatan baik kepada tetangga, seseorang dikategorikan orang yang terbaik apabila dia berbuat baik kepada tetangganya. Nabi Saw bersabda:

عن عبد الله بن عمرو رضي الله عنه، أن النبي ﷺ يقول: خيرُ الأصحابِ عند اللهِ خيرُهم لصاحبِه، وخيرُ الجيرانِ عند اللهِ خيرُهم لجارِه". أخرجه الترمذي

Artinya, Dari Abdullah bin Amr ra, bahwa Nabi Saw bersabda, “Sebaik-baik sahabat di sisi Allah adalah mereka yang paling baik kepada sahabatnya, dan sebaik-baik tetangga di sisi Allah adalah mereka yang paling baik kepada tetangganya.” (HR at-Tirmidzi.

2. Berbagi Makanan  

Salah satu kebaikan yang dapat dilakukan oleh orang-orang yang bertetangga salah satunya adalah saling memberikan makanan. Nabi Saw sendiri mengajarkan kepada kaum muslimin di masa beliau, hendaknya apabila memasak makanan yang berkuah, agar diperbanyak kuahnya supaya bisa dibagikan kepada tetangganya.

Beliau bersabda:

إذا طبخت مرقة فأكثر ماءها وتعاهد جيرانك. أخرجه مسلم

Artinya, “Jika kamu memasak kuah, maka perbanyaklah airnya dan berikan sebagian pada para tetanggamu”. (HR Imam Muslim). Baca Juga Adab Bertetangga dalam Catatan Hadits Imam Al-Ghazali

3. Dahulukan Tetangga Terdekat

 Rasulullah menganjurkan utamakan dan prioritas tetangga terdekat sebelum tetangga jauh. Rasulullah bersabda :

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا: قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنَّ لِي جَارَيْنِ فَإِلَى أَيِّهِمَا أُهْدِي؟ قَالَ: إِلَى أَقْرَبِهِمَا مِنْكِ بَابًا

Artinya, “Dari Aisyah ra: “Aku berkata: Wahai Rasulullah, aku punya dua tetangga, kepada siapakah aku memberikan hadiah?” Beliau (Rasulullah Saw) bersabda: “Yaitu kepada (tetangga) yang paling dekat pintu rumahnya darimu.” (HR al-Bukhari).

Beberapa hadist di atas merupakan anjuran untuk berbuat baik dengan tetangga. Tentu masih banyak hadist yang mengulik terkait ini. Namun ketiga hadist di atas merupakan hampir rutinitas yang selalu kita lalui tiap harinya

Oleh : Muhammad Fajrul Falaq. Tim Redaksi MEDIAMU.COM

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here