Islam

Islam

MediaMU.COM

Apr 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Kenali Tsiqah Beserta Contohnya

Foto Ilustrasi

MEDIAMU.COM - Kenali Tsiqah Beserta Contohnya

Definisi Tsiqah

Tsiqah (bahasa Arab: الثقة) adalah sebuah istilah dalam Ilmu Rijal yang menunjukkan terpercayanya seorang perawi. Sebagian pakar Rijal mengartikannya dengan seorang perawi yang bermazhab Imamiyah, adil dan "dhabith", yakni punya kemampuan dalam mencatat/menghafal riwayat. Kata "Tsiqah" berfungsi untuk mengetahui dan membedakan para perawi yang dapat dipercaya dari para perawi pendusta dan pemalsu hadis. Kata Tsiqah dalam perkataan Empat Belas Maksum dan para ahli hadis yang semasa dengan imam-imam Syiah digunakan untuk memperkenalkan para perawi yang dapat dipercaya.

 

Telah diterangkan beberapa barometer untuk menetapkan "witsaqah" (dipercayanya seorang perawi), antara lain adalah perkataan tegas (sharih) dari salah seorang maksum atau ulama ahli Rijal terdahulu atau mutaakhir mengenai ke-tsiqah-an perawi. Kata-kata seperti "tsiqah", "jalil al-Qadr" (mulia) dan "tsiqah ainu ash-shaduq" (terpercaya, manifestasi kejujuran itu sendiri)" adalah diyakini sebagai indikasi dipercayanya seorang perawi.

Cara memberikan kepercayaan kepada perawi 

Kebanyakan perawi dalam sumber-sumber Rijal di-tautsiq-kan dan dipercaya dengan cara ini pula. Allamah Hilli dalam men-tsiqah-kan dan men-dhaif-kan (perawi) bertindak berdasarkan berbagai landasan, yang salah satunya adalah jika ada tautsiq khusus kepada sosok tertentu, maka lemahnya "kebukan imamiyahannya" dapat ditutupi/katrol.

 

Apabila sekelompok perawi di-tautsiq melalui aturan dan kaidah khusus serta dapat dipercaya, maka tautsiq tersebut disebut "tautsiq ām" (umum).Pun demikian para ahli Rijal masih berbeda pendapat dalam menentukan misdaq (contoh konkret) dari tautsiq ām. Di antara contoh-contoh tautsiq ām adalah: pen-tsiqahan semua perawi yang ada dalam kitab Tafsir Qummi atau para perawi kitab Kamil az-Ziyārāt dan juga masayekh (guru-guru hadis) yang disebutkan di dalam kitab Rijal Najasyi, atau seluruh perawi yang nama mereka tercantum dalam sanad riwayat yang dinukil dari Bani Fadhal.

Contoh Penerapan Tsiqah

 Contoh tsiqah dapat ditemukan ketika seseorang dengan tulus menjalankan kewajiban atau berbicara dengan jujur tanpa menyembunyikan sesuatu. Misalnya, jika seseorang mengembalikan barang yang ditemukan kepada pemiliknya tanpa merampasnya, itu bisa dianggap sebagai contoh tsiqah.

Demikianlah informasi tentang tsiqah yang bisa kita informasikan. Semoga bisa menjadi pengetahuan dan ilmu baru untuk kita semua. Simak artikel lainnya di mediamu.com

Editor : Muhammad Fajrul Falaq 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here