Islam

Islam

MediaMU.COM

Feb 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Amalan yang Perlu kalian Ketahui Setiap Hari Raya Idul Fitri & Idul Adha

Amalan yang Perlu kalian Ketahui Setiap Hari Idul Adha. ilustrasi oleh: mediamu.com

MEDIAMU.COM - Amalan yang Perlu kalian Ketahui Setiap Hari Idul Adha

Memaknai harii Raya Idul Adha

Hari Raya Idul Adha merupakan oerayaan hari besar kedua bagi umat islam sealah idul fitri, yang dimana seluruh umat islam melaksanakan sholat di tanah lapang dan luas di pagi hari secaraberjamaah layaknya ketika sholat idul fitri sebelumnya. Dengan bacaan Awal di sholatnya sama sepeti sholat fadhu. Terdapat bacaan do'a Iftitah, iftidal, rukuk sujud, tasyahut awal dan akhir. namun ada penambahan bacaan di awal takabr saja.

Hal ini disebabkab Hari idul adha merupakan hari puncak dari ibadah haji yang semua umat islam yang memiliki kemampuan kerumah allah. berkumpul untuk beribadah dan merenungi dan mentaati kisah inspiratif nabi Ibrahim yang menyembelih anak kesayangannya. yang kehadirannya sidah sangat lama di tunggu yaitu Nabi Ismail A.s atas perintah Allah SWT.

Peristiwa Penting dalam Idul Adha

Berkurban

Sebuah Perintah agar menyembelih hewan kurban saat Idul Adha bermula dari Nabi Ibrahim a.s yang mendapatkan mimpi untuk menyembelih Nabi Ismail a.s pada tanggal 8 Dzulhijjah. Sebagai seorang ayah tentu saja mimpi tersebut membuat Nabi Ibrahim merenung dan memohon petunjuk kepada Allah SWT. Namun, Nabi Ibrahim a.s tetap mendapatkan mimpi yang sama hingga tiga kali.

Menunaikan Ibadah Haji

Setipa muslim memiliki kewajiban untuk menunaikan ibadah haji. tentu saja bagi hambanya allah yang sanggup dalam hal finansial agar bisa berangkat ke tanayh suci untuk melakukan ibadah haji dengan khusyuk dan fokus.

Amalan yang Wajib Diketahui Di Hari Raya Idul Adha

  • Tidak Makan sebelum Sholat idul Adha /  menyegerakan Minum Setalah Sholat Idul Adha

Hal ini terdapat disemat di dalam sebuah hadist diriwayatkan dari Abdullah bin Buraidah dari ayahnya (yaitu Buraidah bin al-Husaib) ia berkata: 

“Rasulullah saw pada hari Idul Fitri tidak keluar sebelum makan, dan pada hari Idul Adha tidak makan sehingga selesai sholat.” (HR. At-Tirmizi)

Hikmah dari tidak dianjurkannya makan sebelum berangkat sholat Idul Adha adalah agar daging kurban bisa segera disembelih dan dinikmati setelah sholat Idul Adha. Sementara itu, untuk sholat Idul Fitri dianjurkan untuk makan terlebih dahulu agar tidak disangka bahwa hari tersebut masih hari berpuasa.

  • Mengemundangkan Takbir

Mengemundangkan takbir merupakan sunnah yang selanjutnya. 

 Anjuran mengenai takbir pada hari raya Idul Adha ini terdapat dalam kitab Raudhatut Thalibin:

"Disunnahkan mengumandangkan takbir pada malam hari raya mulai terbenamnya matahari, dan sangat disunnahkan juga menghidupkan malam hari raya tersebut dengan beribadah."

  • Memilih jalan Kaki ke Tempat Ibadah

Dengan berjalan kaki, seorang muslim bisa bertegur sapa mengucapkan salam dan juga bisa bersalam-salaman sesama kaum Muslimin. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW riwayat dari Ibnu Umar:

"Rasulullah SAW berangkat untuk melaksanakan sholat Id dengan berjalan kaki, begitupun ketika pulang tempat sholat Id."

Selain itu, disunnahkan untuk berangkat lebih awal supaya mendapatkan shaf atau barisan depan. Sembari menunggu sholat Idul Adha dilaksanakan, kamu bisa bertakbir bersama-sama di masjid dengan para jemaah yang telah hadir.

  • Menggunakan Pakaian Yang terbaik

Sama dengan sholat sholat yang lainnya. Setiap Muslim dan Muslimah di harapkan bisa menggunakan pakaian pakaian yang terbaiknya. dalam konteks kebersihan dan layak di gunakan serta rapih untuk menuaikan ibadah sholat idul adha.

  • Mandi Sebelum berangkat

Mandi menjadi kita menajdi segar dan siap menjadi aktivitas sholat idul adha ini. Dengan mandi kita menjadi bersih dan wangi serta segar untuk menuaikan ibadah yang maha suci juga.

  • Mengenakan Wangi-Wangian

Tentunya sunnah ini perlu.  Ketentuan ini Khususnya untuk kaum muslim (pria) yang hendak berangkat shalat Id maupun yang tidak. Sedangkan untuk kaum perempuan cukupla ia memakai pakaian biasa sebagaimana pakaian sehari-hari, dan janganlah ia berlebih-lebihan dalam berpakaian serta memakai wangi-wangian.

Amalan yang dilakukan di bulan Idul Fitri

Hari raya Idul Fitri merupakan momen seluruh umat Islam bersuka cita menyambut hari kemenangan setelah sealama 1 bulan kita menjadi puasa ramadhan dengan melawna segala rasa hawa nafsu dan dahaga. Namun, Islam juga mengajarkan tentang beberapa hal agar kita mengisi saat-saat lebaran tersebut dengan gembira tapi juga bernilai ibadah.

1. Membaca Takbir

difirmankan Allah dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 185:

: وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللهَ

Artinya, “Dan sempurnakanlah bilangan Ramadhan, dan bertakbirlah kalian kepada Allah”. (QS. Al-Baqarah: 185).

2. Memakai pakaian Terbaik

diperuntukkan kepada kaum perempuan, anjuran berhias tetap harus memperhatikan batas-batas syariat, seperti tidak membuka aurat, tidak mempertontonkan penampilan yang memikat laki-laki lain yang bukan mahramnya dan lain sebagainya. (Syekh Zakariyya al-Anshari, Asna al-Mathalib, juz 1, hal. 281).

3. Makan Sebelum Sholat Idul Fitri

Rasulullah saw. biasa memakan kurma dengan jumlah yang ganjil; tiga, lima, atau tujuh. Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa: "Pada waktu Idul Fitri Rasulullah saw. tidak berangkat ke tempat shalat sebelum memakan beberapa buah kurma dengan jumlah yang ganjil.” (HR. Ahmad dan Bukhari).

4. Berziarah ke Rumah Teman

silaturahim saling mengunjungi saat hari raya Idul Fitri sudah ada sejak zaman Rasulullah. Ketika Idul Fitri tiba, Rasulullah mengunjungi rumah para sahabatnya. Begitu pun para sahabatnya. Pada kesempatan ini, Rasulullah dan sahabatnya saling mendoakan kebaikan satu sama lain. Sama seperti yang dilakukan umat Islam saat ini. Datang ke tempat sanak famili dengan saling mendoakan.

5. Saling Memberikan Selamat

dalil kesunnahannya adalah beberapa hadits yang disampaikan al-Imam al-Baihaqi, beliau dalam kitab Sunannya menginventarisir beberapa hadits dan ucapan para sahabat tentang tradisi ucapan selamat di hari raya.

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang amalan amalan yang perlu dan wajib diketahui oleh setiap jmusli ketika dihari raya idul adha. Semoga bisa memberikan kita wawasan, pengatahuan serta amana baru untuk menggapai ridhonya allah swr. Simak Artikel Lainnya di mediamu.com

Editor : Muhammad Fajrul Falaq

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here