Islam

Islam

MediaMU.COM

Apr 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Pintu Surga Adalah Kedua Orang Tua

Foto : blog.noorkids.com

MEDIAMU.COM - Disebut dalam hadist yang diriwayatkan oleh perawi hadist yang Mansyur, di sebutkan:

الْوَالِدُ أَوْسَطُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ فَإِنْ شِئْتَ فَأَضِعْ ذَلِكَ الْبَابَ أَوِ احْفَظْهُ

"Orang tua adalah pintu surga paling tengah. Kalian bisa sia-siakan pintu itu, atau kalian bisa menjaganya." (HR Tirmidzi).

Dalam buku Ibumu Surgamu karya Ustadz Thoriq Aziz Jayana yang diterbitkan Diva Press, dituliskan bahwa orang tua, khususnya ibu, telah mendapatkan posisi  yang istimewa. Allah telah memberikannya 'mandat' sebagai 'orang dalam'. Yaitu orang yang diberi kepercayaan oleh-Nya untuk membukakan pintu surga karena keridhaannya.

Allah mampu menilai apakah kita layak untuk mendapatkan keridhaan-Nya hingga berbuah kemuliaan di surga. Ataukah kita lebih pantas untuk tidak mendapatkan keridhan-Nya hingga berujung pada kesengsaraan dunia dan akhirat.

Jika inginkan kemuliaan, ampunan, keberkahan hidup, rezeki, kesuksesan maka mintalah kepada Allah. Sedangkan salah satu jalan agar kita dikaruniai semua itu ialah dengan keridhaan orang tua.

Kita pun sangat dilarang mendurhakai orang tua. Tingkat larangannya mencapai level haram, sebab ada ancaman jika melakukannya. Bahkan mendurhakai orang tua termasuk bagian dari dosa yang besar (al-kabâir). Rasulullah pernah bersabda: 

  قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَلَا أُحَدِّثُكُمْ بِأَكْبَرِ الْكَبَائِرِ قَالُوا بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ الْإِشْرَاكُ بِاللَّهِ وَعُقُوقُ الْوَالِدَيْن  

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: “Maukah aku beritahukan kepada kalian tentang dosa-dosa yang paling besar?" Para sahabat menjawab; “Tentu, wahai Rasulullah!” Beliau bersabda: "Mempersekutukan Allah dan durhaka kepada kedua orang tua.”

Cukuplah hadits-hadits di atas menjadi pengingat bagi kita akan pentingnya berbakti kepada orang tua, dan bahayanya mendurhakai keduanya. Semoga Allah senantiasa memberikan taufik dan hidayah kepada kita semua agar selalu menaati orang tua kita semua. Simak Artikel lainnya di mediamu.com

Editor : Muhammad Fajrul Falaq. Tim Redaksi mediamu.com

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here