Islam

Islam

MediaMU.COM

Feb 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

7 Tips Agar Menghilangkan Rasa Malas Sholat

copyright: Mediamu.com

7 Tips Agar Menghilangkan Rasa Malas Sholat, Sholat adalah kewajiban yang diwajibkan oleh Allah kepada setiap Muslim, sebagai sarana komunikasi langsung dengan Sang Pencipta. Namun, terkadang kita mengalami rasa malas yang menghambat ketaatan ini. Berikut adalah tujuh tips untuk membantu mengatasi hal tersebut.

Memahami Keutamaan Sholat

Sholat bukan hanya kewajiban, tetapi juga sarana introspeksi dan mendekatkan diri kepada Allah. Allah berfirman dalam Al-Quran,

اُتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

"Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan munkar." (QS. Al-Ankabut: 45).

Dengan memahami bahwa sholat merupakan pencegah dari perbuatan dosa dan keji, kita akan lebih termotivasi untuk melaksanakannya. Rasulullah SAW mengingatkan melalui hadist, "Sholat adalah tiang agama, barangsiapa yang mendirikannya maka ia telah mendirikan agama dan barangsiapa yang meninggalkannya maka ia telah meruntuhkan agama." (HR. Ahmad).

Dengan memahami keutamaan sholat, kita akan lebih sadar akan pentingnya sholat dalam kehidupan sehari-hari.

Jadwal Sholat yang Teratur

Menetapkan jadwal sholat yang teratur adalah kunci disiplin dalam ibadah.

Also Read Apa itu Wushul ?

Allah SWT berfirman

فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلَاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِكُمْ فَإِذَا اطْمَأَنَنْتُمْ فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَّوْقُوتًا

"Sesungguhnya sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang beriman." (QS. An-Nisa': 103).

Menjaga waktu sholat menunjukkan komitmen kita terhadap perintah Allah. Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda, "Sholat yang paling utama adalah sholat pada waktunya." (HR. Bukhari dan Muslim). Dengan menjaga waktu sholat, kita tidak hanya melaksanakan perintah Allah tetapi juga mendisiplinkan diri untuk menghargai waktu.

Bersiap Dari Awal

Persiapan awal sebelum waktu sholat tiba sangat penting. Mengambil wudhu dan mengenakan pakaian yang bersih dan memperbaiki bacaan sholat adalah bagian dari persiapan yang menenangkan jiwa dan pikiran.

Rasulullah SAW bersabda, "Kesempurnaan wudhu adalah setengah dari iman." (HR. Muslim). Kesiapan fisik dan mental sebelum sholat membantu kita menghilangkan rasa malas dan lebih khusyu dalam ibadah.

Mengingatkan Diri tentang Akhirat

Sholat adalah salah satu amalan yang akan dipertanggungjawabkan di akhirat. Allah berfirman,

إِنَّنِي أَنَا اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنَا فَاعْبُدْنِي وَأَقِمِ الصَّلَاةَ لِذِكْرِي

"Dan laksanakanlah sholat untuk mengingat-Ku." (QS. Taha: 14).

Mengingat akan pertanggung jawaban di hari kiamat akan memotivasi kita untuk tidak menunda atau melalaikan sholat. Sebuah hadist mengingatkan, "Pertama kali yang akan dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat adalah sholatnya." (HR. Tirmidzi).

Berdoa dan Memohon Pertolongan Allah

Memohon kekuatan dari Allah adalah kunci mengatasi rasa malas. Allah berfirman,

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

"Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat." (QS. Al-Baqarah: 45).

Dengan berdoa, kita menyerahkan kelemahan kita kepada Allah dan meminta kekuatan untuk tetap istiqamah dalam ibadah.

Mengikuti Kegiatan Keagamaan

Bergabung dalam kegiatan keagamaan seperti pengajian atau kajian dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi kita dalam beribadah.

Hadist Nabi SAW menyatakan, "Barangsiapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga." (HR. Muslim). Kegiatan ini juga membantu kita berinteraksi dengan umat Islam lainnya yang memiliki semangat ibadah yang tinggi.

Inspirasi dari Lingkungan Positif

Lingkungan yang mendukung ibadah sangat penting. Rasulullah SAW bersabda,

"Seseorang itu berada di agama sahabatnya, maka hendaklah salah satu dari kalian memperhatikan dengan siapa ia bersahabat."

(HR. Abu Dawud dan Tirmidzi). Dikelilingi oleh orang-orang yang rajin sholat akan memotivasi kita untuk mengikuti jejak mereka.

Untuk informasi lebih lanjut tentang 7 Tips Agar Menghilangkan Rasa Malas Sholat serta kehidupan beragama dan keislaman, kunjungi website mediamu.com.

Editor : TakinNur

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here