Islam

Islam

MediaMU.COM

Feb 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Menggali Pahala 7 Hadist tentang Sedekah di Hari Jumat

Menggali Pahala 7 Hadits tentang Sedekah di Hari Jumat

MEDIAMU.COM Menggali Pahala 7 Hadist tentang Sedekah di Hari Jumat Hari Jumat, dalam tradisi Islam, dianggap sebagai hari yang penuh keberkahan dan keutamaan. Dalam konteks ini, sedekah di Hari Jumat atau berbagi kepada sesama pada hari Jumat dipercaya akan membawa pahala yang berlipat ganda. Mari kita gali lebih dalam mengenai keutamaan ini melalui beberapa hadits dan ayat Al-Quran.

Kedermawanan yang Terpatri dalam Sunnah

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Sebaik-baik manusia adalah mereka yang paling banyak memberi manfaat bagi orang lain" (HR. Tabrani). Dalam Hadist ini, sedekah di hari Jumat menjadi manifestasi nyata dari kedermawanan yang diajarkan Rasulullah. Ayat Al-Quran juga mendukung hal ini, 

قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَن يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ وَمَا أَنْفَقْتُم مِّن شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Qul innarabbi yabsuthur rizqa liman yasya-u min ‘ibadihi wa yaqdiru lah; wa ma anfaqtum min syai-in fa huwa yukhlifuh; wa huwa khairur raziqin

Terjemahan

Katakanlah: "Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya dan (juga) Dia menyempitkan (bagi siapa yang Dia kehendaki). Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka Dia akan menggantinya dan Dia adalah Pemberi rezeki yang paling baik.

Ini menunjukkan bahwa sedekah bukan hanya tentang memberi, tapi juga sebuah investasi spiritual yang akan kembali dengan berbagai bentuk keberkahan.

Melipatgandakan Pahala di Hari yang Mulia

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang memberi sedekah sebesar biji kurma dari pendapatan yang baik, dan Allah hanya menerima yang baik, maka Allah akan menerimanya dengan tangan kanan-Nya, kemudian memeliharanya untuk pemiliknya sebagaimana salah seorang dari kalian memelihara anak kudanya, hingga sedekah itu menjadi sebesar gunung" (HR. Bukhari). 

Hari Jumat, dengan keutamaannya, menjadi waktu yang sangat tepat untuk melipatgandakan kebaikan ini.

Sedekah dan Penghapus Dosa

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, "Sedekah itu dapat memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api" (HR. Tirmidzi). Hari Jumat, yang memiliki keistimewaan tersendiri, menjadi momen yang sangat tepat untuk membersihkan diri dari dosa-dosa melalui sedekah. Ayat Al-Quran juga menegaskan hal ini, 

وَأَقِمِ الصَّلَاةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِّنَ الَّيْلِ ۚ إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ ۚ ذَٰلِكَ ذِكْرَىٰ لِلذَّاكِرِينَ

Wa aqimiṣ-ṣalāta ṭarafayi an-nahāri wa zulafam minal-laili. Inna al-ḥasanāti yudh'hibna as-sayyi'āti, żālika dhikrā lildhākirīn.

Terjemahan 

Dan dirikanlah shalat pada dua waktu dari siang hari dan pada bagian awal malam. Sesungguhnya kebaikan-kebaikan menghapuskan kejahatan-kejahatan. Itu adalah peringatan bagi orang-orang yang ingat.(QS. Hud: 114).

Sedekah Jembatan Menuju Kasih Sayang Allah

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Sedekah itu membendung murka Tuhan dan mencegah kematian yang buruk" (HR. Tirmidzi). 

Ini menunjukkan bahwa sedekah bukan hanya transaksi material, tetapi sebuah sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT, terutama di hari yang penuh keberkahan seperti Jumat.

Keceriaan dalam Berbagi

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Senyummu untuk saudaramu adalah sedekah" (HR. Tirmidzi). Berbagi keceriaan dan semangat positif, terutama di hari Jumat, juga merupakan bentuk sedekah. 

وَقُل لِّعِبَادِي يَقُولُوا الَّتِي هِيَ أَحْسَنُ ۚ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنزَغُ بَيْنَهُمْ ۖ إِنَّ الشَّيْطَانَ كَانَ لِلْإِنسَانِ عَدُوًّا مُّبِينًا

Terjemahan Bahasa Indonesia

Dan katakanlah kepada hamba-hambaku, "Hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang lebih baik. Sesungguhnya, syaitan itu mencelah belah di antara mereka. Sesungguhnya, syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia." (QS. Al-Isra': 53).

Sedekah dan Kesehatan

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada hari yang lebih baik di sisi Allah daripada hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu Adam dimasukkan ke dalam surga, dan pada hari itu pula dia dikeluarkan darinya. Dan tiada hari kiamat kecuali pada hari Jumat" (HR. Muslim). 

Ini menunjukkan pentingnya hari Jumat dan bagaimana amalan baik seperti sedekah dapat memiliki dampak yang sangat signifikan, tidak hanya untuk kehidupan akhirat tetapi juga untuk kesehatan dan kesejahteraan di dunia

Menutup dengan Harapan

Dari Umar bin Khattab RA, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya amal perbuatan itu tergantung pada niatnya, dan sesungguhnya setiap orang hanya akan mendapatkan apa yang diniatkannya" (HR. Bukhari dan Muslim). Ini mengingatkan kita bahwa saat berbagi, niatkanlah hanya karena Allah SWT. 

Dengan niat yang tulus, diharapkan sedekah  Hari Jumat yang kita lakukan di hari Jumat akan membawa dampak positif yang luas.

Ingin mendalami lebih lanjut mengenai keutamaan sedekah di hari Jumat? Kunjungi mediamu.com. sekarang dan temukan inspirasi serta panduan lengkap untuk berbagi kebaikan. membutuhkan, tetapi juga membersihkan dan menyucikan diri kita sendiri. Semoga keberkahan ini mengalir dalam setiap aspek kehidupan kita, membawa kedamaian, kesejahteraan, dan kebahagiaan yang berkelanjutan. Selamat berbagi di hari Jumat!

Editor :  TakinNur

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here