Islam

Islam

MediaMU.COM

Apr 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Mari Kenali Peristiwa Penting Pada Bulan Rabiul Akhir

Pada Bulan Rabiul akhir 2023 kali ini, bertepatan pada 16 Oktober 2013. Asal Usul dari nama bulan Rabiul akhir ini di sebutkan oleh uyut kelima Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, yakni Kilab bin Murrah. Penamaan itu tidak terlepas dari peristiwa alam musim rabi‘ atau musim semi yang terjadi di Jazirah Arab. Pada musim itu rerumputan menghijau, tanaman tumbuh subur, dan pepohonan banyak yang berbuah.

Also Read Pusat Inspirasi

Beberapa peristiwa besar yang telah terjadi pada bulan Rabiul Akhir menurut islam. Dari zaman rasulullah saw hingga saat ini. Sebagai contoh beberapa hari yang lalu terjadi Gerhana Bulan Sebagian. Hal ini membuat umat muslim di sebagian tempat lakukan shalat dan pengamatan tentang terjadi nya peristiwa tersebut.

Berikutnya peristiwa besar yang terjadi pada bulan rabiul akhir pada zaman rasulullah saw. Menurut Ibnu Ishaq, perang Dzat ar-Riqa juga terjadi pada bulan Rabiul Akhir keempat Hijriah, tepatnya setelah memerangi bani Nadhir. Berikutnya adalah peristiwa perang al-Ghabah yang dipimpin langsung oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pada tahun keenam Hijriah; kemudian perang al-Ghamr yang dipimpin oleh ‘Ukasyah ibn Mihshan. Pengiriman pasukan ekspedisi yang dipimpin oleh Muhammad ibn Maslamah ke wilayah Dzul Qashshah. (al-Waqidi, Maghazi al-Waqidi, [Beirut: Darul A’lami], 1989, jilid 1, hal. 4).

Artikel ini disadur mediamu.com dari kemenag.go.id berjudul Sejarah Penamaan Rabiul Akhir dan Peristiwa Penting di Dalamnya

Also Read Spirit Mawaddah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here