Islam

Islam

MediaMU.COM

Jul 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Ketahui Batasan Celana Untuk Melaksanakan Salat

Ketahui Batasan Celana Untuk Melaksanakan Salat

MEDIAMU.COM - Ketahui Batasan Celana Untuk Melaksanakan Salat

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pakaian yang dikenakan oleh seorang muslim untuk melaksanakan salat wajib atau fardhu itu harus memiliki nilai sopan dan rapih.

Memaknai Celana Diatas Mata kaki

Di dalam Islam itu sendiri terdapat beberapa hadis yang menjadi tuntunan salat bagi seorang muslim dilarang untuk memanjangkan pakaiannya melebihi dari mata kaki. Ketika ia kenakan pakaian untuk sehari-hari maupun pakaian yang ia kenakan untuk melaksanakan salat.

Istilah Isbal dalam Islam

Istilah isbal ini familiar untuk para kaum muslim yang di mana isbal ini memiliki arti sebagai melabuhkan dan menjulurkan pakaian hingga melebihi di bawah mata kaki. Sehingga kondisi dari ISPA ini sangat ditentang dan dilarang oleh Rasulullah dan tersemat juga di dalam sebuah hadis yang diriwayatkan dari Rasulullah.

Dalil Tentang Celana Diatas Mata Kaki

Merujuk pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dari Abu Hurairah. Bahwa Rasulullah SAW bersabda,

 مَا أسْفَلَ مِنَ الْكَعْبَيْنِ مِنَ الْإزَارِ فَفِيْ النَّار

Artinya Adalah : Sarung (celana) yang di bawah mata kaki akan ditempatkan di neraka.

Dari hadis tersebut dari para ulama memiliki perpecahan pendapat sebagian diantara mereka yang mau sunnahkan saja, dan beberapa diantara para ulama tersebut mengkonfirmasi bahwa itu merupakan sebuah keharaman.

Pernyataan tersebut memiliki dasar pada hadits lain riwayat Al-Bukhari dari Ibnu Umar. Rasulullah SAW bersabda,

لاَ يَنْظُرُ اللهُ إِلَى مَنْ جَرَّ ثَوْبَهُ خُيَلَاءَ

Allah tidak melihat orang yang merendahkan pakaiannya dengan penuh kesombongan.

Penjelasan Secara Fiqih Tentang Celana Di bawah Mata Kaki

Menurut para pakar-pakar ilmu fiqih memberikan sebuah jawaban terkait akan larangannya pakaian yang dijulurkan melebihi mata kaki itu untuk bisa terhindar dari kotoran-kotoran yang ada di bawah tanah. Sehingga ketika kita berjalan dan tanpa kita sadari bisa saja ada kotoran yang menempel di dalam pakaian yang kita kenakan.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah ketika kita memakai sebuah pakaian kita perlu menggunakannya sebatas dari mata kaki kita saja. Tidak perlu mengenakan harus di atas mata kaki hanya saja lebih ke nyamanan kita dalam menggunakan sesuatu selagi tidak bertentangan dengan syariat-syariat Islam.

Media Berita mediamu.com

Demikianlah artikel ini tentang penjelasan lengkap dari celana yang di bawah mata kaki yang didasari dengan dalil-dalil yang kuat dari Rasulullah. Semoga memberikan pengalaman dan wawasan tentang hal ini. Simak artikel lainnya di mediamu.com

Editor: Muhammad Fajrul Falaq

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here