Islam

Islam

MediaMU.COM

Apr 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Tata Cara dan bacaan Sholat Jenazah Muhammadiyah

Tata Cara dan bacaan Sholat Jenazah Muhammadiyah

MEDIAMU.COM Tata Cara dan Bacaan Sholat Jenazah Muhammadiyah, Sholat jenazah adalah salah satu kewajiban umat Islam yang tergolong Fardhu Kifayah, yang artinya apabila sudah dilaksanakan oleh sebagian umat, maka gugurlah kewajiban bagi yang lain. Dalam Muhammadiyah, tata cara sholat jenazah dilakukan dengan tata tertib yang sederhana dan sesuai dengan Al-Qur'an dan Hadits.

Langkah-Langkah Sholat Jenazah

 

1. Niat Sholat Jenazah

Sebelum memulai, niatkan dalam hati untuk melaksanakan sholat jenazah. Niat ini adalah sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada almarhum dan sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT.

نَوَيْتُ صَلَاةَ الْجَنَازَةِ لِلّٰهِ تَعَالَى
Nawaitu shalāt al-janāzah lillāhi ta'ālā

Saya berniat sholat jenazah karena Allah Ta'ala

2.Takbir dan Membaca Al-Fatihah

Setelah takbir pertama, bacalah surat Al-Fatihah. Ini adalah rukun yang tidak boleh ditinggalkan dalam sholat jenazah.

 الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ...

Al-hamdu lillāhi rabbil 'ālamīn

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam...

3. Takbir dan Shalawat Nabi

Pada takbir kedua, bacalah shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Hal ini sebagai bentuk penghormatan kepada beliau.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ...
Allāhumma ṣalli 'alā Muḥammad wa 'alā āli Muḥammad...

Ya Allah, berilah shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad...

4. Takbir dan Doa Untuk Jenazah

Pada takbir ketiga, bacalah doa khusus untuk jenazah. Doa ini berbeda tergantung pada status jenazah, seperti orang dewasa, anak-anak, atau bayi.

 

Doa Untuk Orang Dewasa

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَمَيِّتِنَا
Allāhumma ighfir liḥayyinā wa mayyitinā

"Ya Allah, ampunilah orang-orang kami yang hidup dan yang telah meninggal..."

Doa Untuk Anak-Anak/Bayi

 اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ فَرَطًا لِوَالِدَيْهِ
"Allāhumma j'alhu faraṭan liwālidayhi..."

"Ya Allah, jadikanlah dia pendahulu yang menguntungkan bagi kedua orang tuanya..."

5. Takbir Keempat dan Doa Untuk Umat Islam

Setelah takbir keempat, bacalah doa untuk seluruh umat Islam. Ini menunjukkan solidaritas dan persaudaraan sesama Muslim.

اللَّهُمَّ لَا تَحْرِمْنَا أَجْرَهُ وَلَا تُضِلَّنَا بَعْدَهُ

Allāhumma lā taḥrimnā ajrahu wa lā tuḍillanā ba'dahu

Ya Allah, janganlah Engkau haramkan kami dari pahalanya dan janganlah Engkau sesatkan kami setelahnya

6. Salam

Mengakhiri sholat jenazah dengan memberikan salam ke kanan dan ke kiri.

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ
As-salāmu 'alaykum wa raḥmatullāhi

"Salam sejahtera atas kalian dan rahmat Allah"

Doa Khusus Untuk Jenazah

Doa ini diucapkan pada takbir ketiga dan disesuaikan dengan status jenazah.

untuk Orang Dewasa

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِهِ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

Allahum-maghfir lahu warḥamhu wa 'āfihī wa'fu 'anhu wa akrim nuzulahu wa wasi' mudkhalahu waghsilhu bil-mā'i wath-thalji wal-baradi wa naqqihī minal-khatāyā kamā yunaqqath-thawbul-abyaḍu minad-danasi wa abdilhu dāran khayran min dārihi wa ahlan khayran min ahlihi wa zawjan khayran min zawjihi wa adkhilhul-jannata wa a'izhu min 'adhābil-qabri wa 'adhābin-nār

Doa untuk Anak-Anak/Bayi

اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ فَرَطًا لِوَالِدَيْهِ وَشَفِيعًا مُجَابًا اللَّهُمَّ ثَقِّلْ بِهِ مَوَازِينَهُمَا وَأَعْظِمْ بِهِ أُجُورَهُمَا وَأَلْحِقْهُ بِصَالِحِ الْمُؤْمِنِينَ وَاجْعَلْهُ فِي كَفَالَةِ إِبْرَاهِيمَ وَقِهِ بِرَحْمَتِكَ عَذَابَ الْجَحِيمِ
Allahum-maj'alhu faraṭan liwālidayhi wa shafī'an mujāban. Allahumma thaq-qil bihi mawāzīnahumā wa a'ẓim bihi ujūrahuma wa alḥiqhu biṣ-ṣāliḥi al-mu'minīna waj'alhu fī kafālati Ibrāhīma wa qihi bi raḥmatika 'adhāba al-jaḥīm

"Ya Allah, jadikanlah dia sebagai pendahulu yang menguntungkan bagi kedua orang tuanya dan sebagai pemberi syafaat yang diterima. Ya Allah, beratkanlah dengan dia timbangan kebaikan mereka dan besarkanlah dengan dia pahala mereka. Gabungkanlah dia dengan orang-orang saleh yang beriman, jadikanlah dia dalam perlindungan Ibrahim, dan lindungilah dia dengan rahmat-Mu dari siksa neraka."

Pentingnya Mengikuti Tata Cara Sholat Jenazah

 

Penghormatan Terakhir kepada Almarhum

Mengikuti tata cara sholat jenazah dengan benar adalah bentuk penghormatan terakhir kita kepada almarhum. Ini merupakan kesempatan untuk menunjukkan rasa hormat dan kasih sayang terakhir kita kepada mereka yang telah meninggalkan dunia ini.

Kewajiban Fardhu Kifayah

Sholat jenazah adalah bagian dari Fardhu Kifayah, yang artinya kewajiban ini jatuh kepada seluruh umat Islam di suatu area. Jika ada yang melaksanakannya, maka kewajiban itu gugur dari yang lain. Namun, jika tidak ada yang melaksanakannya, maka seluruh umat Islam di area tersebut berdosa.

Membantu Almarhum dalam Perjalanan Akhiratnya

Sholat jenazah tidak hanya untuk menghormati almarhum, tetapi juga untuk membantu mereka dalam perjalanan akhirat. Doa yang kita panjatkan dalam sholat jenazah adalah bentuk dukungan spiritual bagi almarhum.

Menyadarkan tentang Realitas Kematian

Sholat jenazah juga bertujuan untuk mengingatkan kita tentang realitas kematian. Ini merupakan pengingat bahwa hidup di dunia ini hanya sementara dan bahwa setiap jiwa akan merasakan mati.

Mengajarkan Kesabaran dan Keikhlasan

Mengikuti tata cara sholat jenazah juga mengajarkan kita untuk bersabar dan ikhlas. Dalam momen duka, kita diajarkan untuk tetap kuat dan menerima kehendak Allah SWT dengan hati yang lapang.

Membangun Solidaritas Umat

Sholat jenazah merupakan salah satu cara untuk memperkuat ikatan dan solidaritas antar umat Islam. Saat kita berkumpul untuk mendoakan almarhum, kita juga memperkuat persaudaraan dan kebersamaan sebagai umat beriman.

Kesimpulan

Sholat jenazah dalam pandangan Muhammadiyah dilakukan dengan tata cara yang sederhana dan mengedepankan esensi dari ibadah tersebut. Setiap langkah dijalankan dengan penuh penghormatan dan mengikuti tuntunan Rasulullah SAW.

informasi lebih lanjut tentang Tata Cara dan Bacaan Sholat Jenazah Muhammadiyah dan berbagai panduan ibadah lainnya sesuai dengan ajaran islam, kunjungi mediamu.com.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here