Islam

Islam

MediaMU.COM

Apr 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Muhamadiyah dan Kontribusinya Bagi Kesehatan di Indonesia

Mediamu.com - Muhammadiyah memiliki track record yang cukup panjang dalam bidang kesehatan. Bermula dari gagasan Kyai Mohammad Syoedjak untuk mendirikan hospital pada tahun 1923, peran Muhammadiyah terus berkembang.

Saat ini, Muhammadiyah menjelma menjadi jaringan pengelola layanan kesehatan dan pencetak tenaga kesehatan terbesar di Indonesia.    

Kita tidak bisa membayangkan, seandainya ide Kyai Syoedjak soal layanan kesehatan ini layu di tengah jalan. Belum tentu kita bisa menyaksikan ratusan RS dan klinik tumbuh dari pergerakan ini.

kontribusi dalam upaya kesehatan masyarakat. Muhammadiyah aktif dalam Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) ke pesantren, sekolah, dan rumah sakit tingkat komunitas.

Sejak tahun 2016, Muhammadiyah melakukan distribusi obat cacing dan vitamin kepada puluhan juta anak di Indonesia untuk memastikan mereka bisa tumbuh kembang dengan baik.

Juga aktif dalam berbagai jaringan kesehatan dari masalah imunisasi, stunting, pengendalian rokok, kesehatan ibu dan anak, dan bidang lain yang tidak mungkin disebutkan semuanya dalam tulisan singkat ini. Muhammadiyah juga aktif melakukan advokasi kebijakan terkait isu kesehatan masyarakat.

Pada November 2022 data dengan jumlah rumah sakit 119 buah, Muhammadiyah merupakan pemilik jaringan rumah sakit terbesar di Indonesia, setelah pemerintah.

1. RS PKU Muhammadiyah Surakarta, Satu-satunya RS Swasta yang Ditunjuk sebagai RS Rujukan Asean Para Games 2022

2. RS Universitas Muhammadiyah Malang yang meraih Penghargaan RS Rujukan Covid Terbaik

3. RS PKU Muhammadiyah Surakarta Raih Penghargaan atas Digitalisasi Sistem. Dll

Tentu masih banyak sekali prestasi dan penghargaan yang di terima oleh semua rumah sakit Muhammadiyah. Hal ini menunjukkan bahwa keseriusan Muhammadiyah untuk memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat sangat serius.

Oleh : Muhammad Fajrul Falaq. Tim Redaksi Mediamu.com

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here