Islam

Islam

MediaMU.COM

May 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Latar Belakang dan Makna Logo Milad ke-111 Muhammadiyah

Mediamu.com - Sudah satu abad lebih sejak K.H. Ahmad Dahlan pertama kali mendeklarasikan berdirinya Persyarikatan Muhammadiyah. Sudah selama itu pula persyarikatan telah berperan dalam segala lanskap kehidupan bangsa Indonesia. Dan tepat pada 18 November 2023, Muhammadiyah akan meggapai umur yang ke-111 tahun.

Segala usaha dan upaya yang telah dilakukan Muhammadiyah dalam mendirikan berbagai Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di berbagai sektor adalah manifestasi nyata dari tekad Muhammadiyah untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh umat, masyarakat, dan manusia secara keseluruhan tanpa kecuali.

Dari segala refleksi dan pemikiran tentang seratus tahun lebih kiprah dan keteguhannya, pada Milad ke-111 kali ini Muhammadiyah mengusung tema “Ikhtiar Menyelamatkan Semesta”.

Kehidupan yang semakin memperihatinkan, peperangan yang terus berlangsung, konflik yang tak kunjung usai, perubahan iklim, dan bencana alam menjadi latar belakang utama yang memacu Muhammadiyah untuk dengan tekad kuat berusaha memberikan kontribusi dan solusi dalam upaya penyelamatan dunia ini. 

Gagasan-gagasan ini kemudian diterjemahkan dalam sebuah logo. Melihat lebih jauh lagi, setiap elemen yang terbentuk pada Logo Milad Muhammadiyah ke-111 memiliki makna sebagai berikut:

  • Arah panah ke atas merupakan representasi dari keteguhan dalam mengupayakan suatu tujuan.
  • Angka “1” yang berbeda-beda setiap ukurannya adalah representasi dari Muhammadiyah sebagai induk organisasi, organisasi otonom dan seluruh Amal Usaha yang berikhtiar bersama untuk menyelamatkan semesta.
  • Sinar matahari menjadi representasi dari pengaruh Muhammadiyah dalam segala hal mencakup bidang kehidupan. Layaknya sinar matahari yang selalu menyinari, Muhammadiyah diharapkan mampu memberikan dampak positif di setiap gerakannya.

Peringatan milad Muhammadiyah ke-111 menjadi batu loncatan bagi seluruh umat beragama dan sesama manusia dalam memberikan kontributif dan aksi nyata dalam menyelamatkan dan mendamaikan semesta(*).

 

Oleh: Fatan Asshidqi, Tim Redaksi Mediamu.com

Sumber: Muhammadiyah.or.id

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here