Islam

Islam

MediaMU.COM

Apr 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Tafsir Surah An-Nisa Ayat 1

Foto Ilustrasi

MEDIAMU.COM - Tafsir Surah An-Nisa Ayat 1

An-Nisa Ayat 1

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Artinya, “Wahai manusia, bertakwalah kepada Tuhan kalian yang telah menciptakan kalian dari jiwa yang satu; yang telah menciptakan darinya istrinya; dan telah menyebarkan dari keduanya (keturunan) laki-laki dan perempuan yang banyak. Takutlah kalian kepada Allah Zat yang dengan-Nya kalian beradu sumpah dan takutlah kalian memutus silaturrahim. Sungguh Allah adalah Zat yang maha mengawasi kalian.

Ayat ini menyeru manusia untuk bertakwa kepada Allah, Pencipta yang Maha Esa. Allah menciptakan manusia dari satu jiwa (Nafs), yaitu Nabi Adam AS, dan dari Adam Dia menciptakan pasangannya, yaitu Hawwa.

Dari keduanya, Allah memperkembangbiakkan keturunan manusia yang beragam gender dan keturunan. Ayat ini juga menekankan pentingnya menjaga hubungan baik dengan sesama manusia dan memperingatkan bahwa Allah senantiasa mengawasi amal perbuatan manusia.

Tafsir Tentang Syrah An-nisa Ayat 1

- Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Wahai manusia yang takut kepada Allah dan berpegang teguh kepada perintah-perintahNYA serta menjauhi larangan-laranganNYA, DIA lah Dzat yang telah menciptakan kalian dari jiwa yang satu,yaitu adam dan darinya DIA menciptakan istrinya, yaitu hawwa’,

 selanjutnya Dia menyebarkandari keduanya di seluruh penjuru bumi kaum lelaki dan kaum wanita yang banyak. Dan hendaknya kalian selalu merasa diawasi Allah yang sebagian dari kalian meminta sebagian yang lain dengan NamaNYA. Hindarilah memutus hubungan silaturahim kalian. Sesungguhnya Allah selalau mengawasi seluruh keadaan kalian.

- Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an

Allah memulai surat ini dengan seruan agung bagi seluruh manusia, dengan menekankan peribadatan kepada-Nya semata melalui rasa takut terhadap-Nya dengan senantiasa menjalankan ketaatan. Dialah yang menciptakan mereka dari Adam, kemudian menciptakan istrinya, Hawa dari diri Adam. Lalu dari mereka berdua beranak pinak banyak lelaki dan perempuan yang menyebar ke berbagai tempat.

Kemudian Allah mengulangi perintah-Nya dengan firman-Nya: “Takutlah kalian kepada Allah yang sebagian kalian meminta kepada yang lain menggunakan nama-Nya, dan takutlah kalian kepada-Nya dengan menyambung silaturrahim. Allah selalu mengawasi amal perbuatan manusia.

- Tafsir Al Azhar

Buya Hamka menjelaskan, seruan Tuhan pada surah An Nisa ayat 1 pangkal ayat pertama, "Hai sekalian manusia! Bertakwalah kamu kepada Tuhanmu, yang telah menjadikan kamu dari satu diri" ini, tertuju pada seluruh manusia, tidak pandang negeri atau benua, bangsa atau warna kulit.

Ayat tersebut berisi dua peringatan, yakni supaya bertakwa kepada Allah dan supaya mengerti bahwa manusia di bumi adalah diri yang satu.

"Diperingatkan di sini dua hal, pertama supaya takwa kepada Allah, kedua supaya mengerti, bahwa sekalian manusia ini, di bagian bumi yang manapun mereka berdiam, namun mereka adalah satu belaka," tulis Buya Hamka.

Maksud dari diri yang satu dalam tafsir tersebut adalah Adam, di mana isterinya, Hawa, berasal dari tulang rusuknya. Ibnu Abi Syaibah dan Abd bin Humaid, Ibnu Jarir, Ibnul Mundzir dan Ibnu Abi Hatim menjelaskan, Mujahid memang menafsirkan demikian, bahwa diri yang satu adalah Adam.

Demikianlah tafsir surah an-nisa ayat 1. Semoga kita bisa mengambil hikmahnya dan menerapkan dalam kegiatan kita sehari-hari. Simak artikel lainnya di mediamu.com

Editor : Muhammad Fajrul Falaq 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here