Islam

Islam

MediaMU.COM

Jun 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Takwa kepada Allah : Perintah serta Keutamaan Utamanya

Ilustrasi foto : islamdigest.republika.co.id

MEDIAMU.COM - Bertakwa merupakan salah satu jalan yang dapat menghantarkan muslim kepada kebahagiaan dan keselamatan di dunia maupun di akhirat. Keutamaan orang bertakwa, salah satunya adalah Allah janjikan akan masuk surga.

Definisi Takwa kepada Allah

Takwa merupakan konsep fundamental dalam Islam yang memiliki akar dalam Al-Quran dan Hadis. Dalam Al-Quran, takwa sering kali diartikan sebagai ketakutan kepada Allah, kesadaran akan keberadaan-Nya, dan usaha untuk menjauhi segala yang dilarang-Nya.

Also Read Penyakit Jiwa

Allah SWT berfirman dalam Surah Ali Imran ayat 102, "Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya, dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan beragama Islam." Ayat ini menekankan bahwa takwa adalah kunci untuk menjalani kehidupan yang bermakna dalam Islam.

Hadis juga menguatkan konsep takwa. Rasulullah SAW bersabda, "Takwalah kepada Allah dimanapun kamu berada, dan ikutilah kejahatan dengan kebaikan yang akan menghapusnya, dan pergaulilah manusia dengan akhlak yang baik." (Tirmidzi) Hadis ini menegaskan bahwa takwa adalah sikap yang harus dijaga dalam segala situasi, baik dalam hubungan dengan Allah maupun dengan sesama manusia.

Takwa kepada Allah meliputi beberapa aspek penting yang menjadi landasan bagi kehidupan yang saleh dalam Islam. Pertama, takwa ditunjukkan melalui ketaatan kepada segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Ini mencakup patuh terhadap ajaran agama dan menjauhi segala bentuk dosa dan maksiat.

Kedua, takwa juga mencakup kesadaran akan keberadaan Allah dan rasa takut akan siksa-Nya. Ini melahirkan rasa hormat dan ketaatan yang dalam terhadap-Nya dalam setiap tindakan dan perilaku. Selanjutnya, takwa tercermin dalam pemeliharaan ibadah dan ketaqwaan dalam kehidupan sehari-hari, di mana setiap aktivitas dilakukan dengan tujuan mendekatkan diri kepada-Nya.

Selain itu, takwa juga mencakup upaya untuk terus meningkatkan kualitas iman dan taqwa, serta mempertahankan akhlak yang baik dalam interaksi dengan sesama manusia. Ini termasuk menjaga lidah dari perkataan yang tidak baik dan perbuatan yang merugikan, serta bersikap tawadhu' dan rendah hati dalam segala hal. Dengan memahami secara mendalam pengertian dan aspek-aspek takwa ini, umat Islam dapat mengarahkan hidup mereka menuju ketaqwaan yang lebih baik kepada Allah SWT.

Seseorang yang bertakwa pada dasarnya merujuk pada sebuah sikap yang terdiri dari cinta dan takut. Sehingga ia akan senantiasa menjalankan segala perintah-perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya.

Allah SWT menjanjikan kemuliaan bagi orang-orang yang senantiasa bertakwa kepada-Nya. Seharusnya kemuliaan ini dijadikan bukti dan teladan agar memotivasi seorang muslim supaya senantiasa selalu berlomba dalam kebaikan dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Perintah untuk bertakwa kepada Allah SWT banyak tersemat kan di dalam Al-Qur'an. Diantaranya ;

- Surah Al-Baqarah ayat 189 yang artinya "Mereka bertanya kepadamu tentang bulan sabit. Katakanlah: "Bulan sabit itu adalah tanda-tanda waktu bagi manusia dan (bagi ibadat) haji; Dan bukanlah kebajikan memasuki rumah-rumah dari belakangnya, akan tetapi kebajikan itu ialah kebajikan orang yang bertakwa. Dan masuklah ke rumah-rumah itu dari pintu-pintunya; dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung."

- Ali Imran Ayat 130 yang artinya "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda] dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan.

Tentunya masih banyak sekali ayat ayat di Al-Quran yang mengatakan untuk selalu bertakwa kepada Allah SWT yang tidak bisa kita cantumkan semua didalam artikel ini.

Dalam keutamaan yang di dapatkan dari seorang muslim yang bertakwa kepada Allah SWT adalah 

- Dilimpahkan Rahmat kepadanya

Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT yang artinya “Dan apabila dikatakan kepada mereka, “Takutlah kamu akan siksa yang dihadapanmu (di dunia) dan azab yang akan datang (akhirat) dagar kamu mendapat rahmat.” (QS. Yasin: 45)

- Dimudahkan segala masalahnya 

Seorang yang selalu bertakwa kepada Allah SWT akan dimudahkan segala urusannya. Dalam firman-nya Allah SWT mengatakan "“Maka apabila mereka telah mendekati akhir idahnya, maka rujuklah (kembali kepada) mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan orang saksi yang adil diantara kamu dan hendaklah kamu tegakan kesaksian itu karena Allah, demikianlah pengajaran itu diberikan bagi orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya.” (QS. At-Tallaq: 2)

- Selalu di lancarkan Rezekinya

Tidak hanya kemudahan dalam segala urusannya dan rahmatnya Allah SWT juga berfirman yang artinya "“Dan dia memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa bertawakal kepada Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.” (QS. At-Tallaq: 03).

- Dicintai Oleh Allah dan Rasul nya

Tak kalah spesial dari yang lain. Keutamaan ini juga spesial dicintai Allah dan Rasulnya. Hal ini tersemat didalam Al-Qur'an yang artinya "Bagaimana mungkin ada perjanjian (aman) disisi Allah dan Rasulnya dengan orang-orang yang musrik, kecuali dengan orang-orang yang telah mengadakan perjanjian (dengan mereka) didekat masjidilharam (Hudaibiyah), maka selama mereka berlaku jujur terhadapmu, hendaklah kamu berlaku jujur (pula) terhadap mereka. Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang bertakwa.” (QS. At-Taubah: 07).

Demikianlah keutamaan serta perintah yang Allah SWT seru kan kepada kaum manusia untuk selalu bertakwa kepada-nya sehingga kita bisa menjadi manusia yang memiliki syafaat dan Rahmat yang berlimpah untuk hidup dunia

Oleh : Muhammad Fajrul Falaq, Tim Redaksi Mediamu.com 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here