Islam

Islam

MediaMU.COM

Feb 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Simak Penjelasan Dari Puasa Tarkuruh

Simak Penjelasan Dari Puasa Tarkuruh

MEDIAMU.COM -  Simak Penjelasan Dari Puasa Tarkuruh

Di dalam Islam puasa ini bisa diartikan menjadi dua hal salah satunya adalah puasa atau menahan diri untuk melaksanakan dan menjalankan syariat Allah subhanahu Wa ta'ala. Kedua melakukan puasa atau menahan diri untuk menjadikan dan mengontrol diri kita agar menjadi lebih baik lagi.

Memahami Esensi Puasa

Puasa memiliki arti yaitu menahan. Menahan diri dari segala godaan yang bisa menjerumuskan kita ke dalam nerakanya Allah ketika kita melaksanakan puasa untuk menjalankan syariat Allah namun terdapat juga puasa yang bertujuan untuk mendidik diri kita sendiri dengan menahan segala hawa nafsu.

Ayat Penjelasan Tentang Puasa adalah menahan 

Allah ﷻ berfirman dalam Al-Qur’an:

إِنِّي نَذَرْتُ لِلرَّحْمَٰنِ صَوْمًا فَلَنْ أُكَلِّمَ الْيَوْمَ إِنْسِيًّا

“Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang pun hari ini” (QS Maryam: 26)


Puasa Tarku Ruh

Puasa tarkur ini memiliki arti sebagai puasa yang bertujuan untuk menahan diri kita dari sebuah cita-cita ataupun angan-angan tentang ambisi kita di dunia ini. Bukan berarti kita tidak dibolehkan untuk bercita-cita tinggi akan tetapi takutnya kita terjerumus ke dalam cinta dunia. Puasa ini menghindari makanan-makanan yang sumber asalnya dari makhluk hidup yang memiliki ruh seperti hewan dan lain-lain.

Keutamaan Melakukan Puasa Tarkuruh

1. Membuat kita mampu menahan diri mengurangi serta mengontrol hawa nafsu kita untuk melakukan sebuah hal-hal yang sifatnya duniawi.

2. Menjadikan puasa tarku ruh ini sebagai media kita untuk mempraktekkan rasa sabar seperti yang tersemat di dalam surah al-baqarah ayat 351 yang menganjurkan manusia untuk memiliki sifat sabar.

3. Menjadikan hati bening dan jernih dari fikiran buruk dan prasangka. Hikmah ini akan sangat terasa jika sudah istiqomah dalam menjalankan puasa. Keistiqomahan tersebut mendatangkan rasa ikhlas. Darinya akan berbuah hati yang jernih. 

4. Memiliki Ilmu Laduni. Ilmu laduni ialah ilmu (pemahaman) seseorang terhadap sesuatu tanpa didasari usaha sebelumnya.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan puasa terpuruk ini biasa dipraktekkan di masyarakat juga terutama untuk mereka bisa mengontrol dan mengendalikan hawa nafsu mereka untuk menuruti kemauan mereka yang bersifat duniawi. 

Semoga artikel ini memberikan kita penjelasan ilmu dan wawasan baru terkait puasa terpuruk di dalam Islam beserta penjelasan. Simak artikel lainnya di mediamu.com 

Editor: Muhammad Fajrul Falaq

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here