Islam

Islam

MediaMU.COM

Apr 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Tata Cara Do'a Sebelum Berangkat Umroh

Ilustrasi Tata Cara Do'a Sebelum Berangkat Umroh

MEDIAMU.COM - Doa untuk orang berangkat umroh perlu dipahami oleh umat Islam. Umroh adalah ibadah yang dilakukan dengan mendatangi Tanah Suci Makkah dengan cara berihram, tawaf, sai, dan bercukur, tanpa wukuf di Padang Arafah.

Memaknai Ibadah Umroh

Umroh biasa disebut juga sebagai haji kecil. Sama dengan ibadah haji, pelaksanaan umroh dilakukan di tanah suci.

Secara bahasa, pengertian umroh adalah berkunjung ke suatu tempat. Sementara itu, dalam istilah fikih, umroh berarti melakukan serangkaian ibadah, yang terdiri dari tawaf, sa'i, dan diakhiri dengan tahalul.

Hukum Umroh dalam Islam

Hukum melakukan ibadah umroh adalah sunnah. Meskipun demikian, ibadah umroh banyak peminatnya karena beberapa hal. Selain pelaksanaannya yang lebih fleksibel karena dapat dilaksanakan sepanjang tahun, juga tidak dibatasi kuota seperti haji.

Perbedaan ibadah haji dan umroh terletak pada waktu dan pelaksanaannya. Ibadah haji hanya bisa dilakukan pada bulan Dzulhijjah, sedangkan pelaksanaan ibadah umroh tidak terbatas pada bulan tertentu. Ibadah umroh dapat dilakukan kapan saja, namun makruh untuk dilakukan pada hari Arafah, Idul Adha, dan tiga hari Tasyriq.

Doa untuk Orang Berangkat Umroh Sesuai Sunnah

hadits Rasulullah SAW, doa ini dipanjatkan oleh Nabi Muhammad saat salah seorang sahabat ingin melakukan perjalanan jauh. Berikut doanya:

زَوَّدَكَ اللهُ التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ وَيَسَّرَ لَكَ الخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ

Latin: Zawwadakallâhut taqwâ, wa ghafara dzanbaka, wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta

Artinya, "Semoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosamu, dan memudahkanmu dalam jalan kebaikan di mana pun kau berada."

Doa Berangkat Umroh dari Rumah

Berikut adalah doa yang bisa dibaca saat berangkat umroh dari rumah:

"اللهم انطلقتُ بأسمائك وبسنة نبيك محمد صلى الله عليه وسلم، اللهم إني أسألك خير السفر وخير المنزل، وتوكلنا عليك ربنا، وبسنة نبيك محمد صلى الله عليه وسلم وتوكلنا عليك ربنا، ومعاويتك في سفري وكَرَبِّي، اللهم أنت الصاحب في السفر والخليفة في الأهل، اللهم إني أعوذ بك من وعثاء السفر وكآبة المنظر، وسوء المنقلب في المال والأهل. اللهم اجعلنا سببًا لكل خير، ولا تجعلنا على كل شر، واحفظنا في سفرنا وأمننا في مالنا، وآتنا برحمتك الأمان والإيمان والسلامة والإسلام. اللهم إني أعوذ بك من الكسل والهم والحزن والعجز والبخل وضلع الدين وغلبة الرجال. اللهم إني أسألك عملاً صالحاً مقبولاً وعلماً نافعاً ورزقاً واسعاً وشفاءً من كل داء. اللهم آتنا في الدنيا حسنةً وفي الآخرة حسنةً وقِنا عذاب النار. اللهم اغفر لي ولوالدي وللمؤمنين والمؤمنات والمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات. إنك سميع قريب مجيب الدعاء."

Ini adalah doa yang menginginkan perjalanan yang aman, berkat, dan penuh keberkahan saat berangkat umroh dari rumah. Anda dapat membaca doa ini atau versi lainnya dengan tulus dan penuh keyakinan sebelum memulai perjalanan Anda.

Ujian Sebelum Berangkat Umroh

Sebelum berangkat umroh, banyak orang mungkin menghadapi berbagai tantangan atau ujian yang bisa bersifat fisik, mental, atau emosional. Berikut adalah beberapa ujian yang mungkin dihadapi sebelum berangkat umroh:

Kesiapan Finansial

Menyediakan dana yang cukup untuk perjalanan umroh bisa menjadi ujian finansial. Ini melibatkan penghematan, perencanaan anggaran, dan penyesuaian keuangan untuk membiayai perjalanan tersebut.

Persiapan Fisik

Kondisi fisik yang baik sangat penting untuk menjalani ibadah umroh yang memerlukan aktivitas fisik seperti berjalan di sekitar Masjidil Haram dan Safa-Marwah. Memastikan kesehatan dan kebugaran adalah ujian fisik yang perlu diatasi.

Persiapan Mental

Persiapan mental mencakup kesiapan untuk meninggalkan keluarga dan rutinitas sehari-hari, serta beradaptasi dengan lingkungan dan perjalanan yang berbeda.

Keluarga dan Keberangkatan

Terpisah dari keluarga selama perjalanan umroh bisa menjadi ujian emosional. Baik calon jamaah umroh maupun keluarga harus siap menghadapi perpisahan sementara dan bekerja sama untuk memastikan semua persiapan berjalan lancar.

Ketentuan Perjalanan

Memahami peraturan dan ketentuan perjalanan umroh, seperti visa, akomodasi, transportasi, dan jadwal ibadah, adalah ujian dalam pemahaman dan organisasi.

Kesabaran dan Sabar

Menghadapi berbagai tantangan dan ketidaknyamanan selama perjalanan bisa menguji kesabaran dan ketenangan seseorang. Ini adalah ujian spiritual yang harus dihadapi dengan ketenangan dan rasa syukur.

Kesiapan Rohani

Persiapan rohani mencakup meningkatkan ibadah, memperdalam pengetahuan agama, dan membersihkan hati dari dosa dan kesalahan. Ini adalah ujian untuk menjalani umroh dengan niat dan hati yang tulus.

Cuaca dan Lingkungan

Keadaan cuaca dan lingkungan di Mekkah dan Madinah bisa berubah-ubah. Beradaptasi dengan cuaca yang panas dan lingkungan yang ramai adalah ujian bagi sebagian orang.

Antisipasi Tantangan

Mengetahui bahwa perjalanan umroh tidak selalu berjalan lancar, dan bersiap untuk menghadapi berbagai kendala atau penundaan, adalah ujian dalam kesiapan mental dan emosional.

Selama menghadapi berbagai ujian ini, penting bagi calon jamaah umroh untuk tetap tenang, memiliki niat yang tulus, dan memohon bantuan dari Allah SWT agar perjalanan umroh berjalan dengan lancar dan penuh berkah. Ujian-ujian ini juga dapat menjadi kesempatan untuk memperkuat keyakinan, meningkatkan kesabaran, dan mendekatkan diri kepada Allah.

Menurut Riwayat Abu Hurairah

Rasulullah SAW juga pernah mendoakan orang yang bepergian dengan doa ini:

أسْتَوْدِعُكَ اللهَ الَّذِي لا تَضِيعُ ودائِعُهُ

Latin: Astaudiukallaha alladzi la tadhi'u wada'i'uhu

Artinya, "Aku titipkan engkau kepada Allah SWT yang tak pernah meninggalkan titipannya."

Nah, doa-doa ini bisa kita bacakan untuk saudara atau kerabat yang akan melaksanakan ibadah umrah. Semoga Allah mengabulkan doa yang kita panjatkan.

Do'a Bagi Orang Yang Berangkat

Disisi Lain, untuk orang yang berangkat umroh bisa membaca ketiga doa di bawah ini. Mulai dari sebelum berangkat, menuju embarkasi dan saat berada di dalam kendaraan.

Doa Berangkat Umroh

Jemaah umroh disunnahkan menunaikan sholat dua rakaat sebelum berangkat. Setelah sholat selesai, hendaknya jemaah membaca doa ini:

الحَمْدُ لِلهِ الذِيْ هَدَانِيْ بِالإسْلَامِ، وَأَرْشَدَنِيْ إلَى أدَاءِ مَنَاسِكِي حَاجًا بِبَيْتِهِ وَمُعْتَمِرًا بِمَشَاعِرِه. اللَّهُمَّ صَلِّ عَلى النَّبِيِّ الأُمِّيِّ وَعَلى آلهِ وَأصْحَابِهِ أجْمَعِينَ. اللَّهُمَّ إِلَيْكَ تَوَجَّهْتُ، وَبِكَ اعْتَصَمْتُ. اللَّهُمَّ اكْفِنِي مَا هَمَّنِي وَمَا لاَ أَهْتَمُّ لَهُ، اللَّهُمَّ زَوِّدْنِي التَّقْوَى، وَاغْفِرْ لِي ذَنْبِي

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah memberi petunjuk kepadaku dengan Islam dan memberi bimbingan kepada ku untuk menunaikan manasik hajiku di rumahNya, dan mengerjakan umrah di tem pat lambang- lam bang keagungan-Nya (Masyair). Ya Allah berilah shalawat atas Nabi yang tidak bisa baca dan tulis (ummi) dan atas keluarga dan para sahabatnya sekalian. Ya Allah kepada-Mu aku menghadap dan dengan-Mu aku berpegang teguh. Ya Allah lindungilah aku dari sesuatu yang menyusahkan dan sesuatu yang tidak saya perlukan. Ya Allah berilah aku dengan taqwa dan ampunilah dosaku."

Doa Keluar Rumah Menuju Embarkasi

Saat sudah keluar rumah dan menuju embarkasi, selanjutnya membaca doa ini:

بِسْمِ اللَّهِ آمَنْتُ بِاللَّهِ اعْتَصَمْتُ بِاللَّهِ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ.

Artinya: "Dengan nama Allah aku beriman kepada Allah. Dengan nama Allah aku berlindung kepada Allah. Dengan nama Allah aku berserah diri kepada Allah, tiada daya upaya dan tiada kekuatan melainkan atas izin Allah yang Maha Luhur Maha Agung."

Doa Setelah Duduk di dalam Kendaraan

Lalu, ketika sudah berada di dalam kendaraan, maka hendaklah membaca doa berikut:

بِسۡمِ ٱللَّهِ مَجۡر۪ٮٰهَا وَمُرۡسَٮٰهَآۚ إِنَّ رَبِّى لَغَفُورٌ۬ رَّحِيمٌ۬

Artinya: "Dengan nama Allah di waktu berangkat dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Itulah doa untuk mengantarkan orang yang berangkat umroh dan doa yang bisa dipanjatkan oleh jemaah

Kesimpulan

Demikianlah doa-doa untuk orang yang mendoakan saudara mereka untuk berangkat umroh dan doa orang yang akan berangkat menunaikan ibadah Umroh. semoga artikel ini memberikan pengetahuan dan wawasan baru kita terkait doa-doa seputar umroh. Simak artikel lainnya di mediamu.com. (*)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here