Islam

Islam

MediaMU.COM

Apr 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Bolehkan Puasa Tapi Tidak Sahur

Bolehkan Puasa Tapi Tidak Sahur

MEDIAMU.COM - Sahur memegang peran penting dalam ibadah puasa. Dikenal sebagai makanan pagi sebelum fajar, sahur bukan hanya mempersiapkan tubuh secara fisik dengan energi dan nutrisi, tetapi juga membawa manfaat spiritual. Nabi Muhammad SAW menekankan keberkahan sahur dalam hadis, yang mendorong umat Islam untuk tidak melewatkannya. Meski bukan syarat wajib, sahur meningkatkan ketahanan dan fokus selama berpuasa, serta memperkuat solidaritas dan disiplin diri dalam menjalankan ibadah puasa.

Hukum Puasa Tanpa Sahur

Dalam Islam, sahur bukanlah syarat wajib untuk sahnya puasa, sehingga boleh berpuasa tanpa sahur. Namun, sahur sangat dianjurkan karena memiliki keutamaan dan manfaat, termasuk memberikan energi untuk beraktivitas selama berpuasa. Niat puasa yang dibuat sebelum waktu imsak adalah syarat utama untuk sahnya puasa. Meskipun tanpa sahur, puasa tetap sah selama tidak ada hal yang membatalkannya. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk tetap berusaha bersahur meskipun hanya dengan sedikit makanan atau minuman.

Dasar hukum dan hadis yang mendukung

Dalam Islam, sahur bukan syarat wajib untuk sahnya puasa. Hal ini didasarkan pada hadis Nabi Muhammad SAW, "Sesungguhnya dalam sahur terdapat berkah." (HR. Bukhari dan Muslim). Hadis ini menunjukkan keutamaan sahur, namun tidak menjadikannya wajib. Selain itu, tidak ada dalil yang secara eksplisit menyatakan bahwa sahur adalah syarat wajib puasa. Oleh karena itu, puasa tetap sah meskipun tanpa sahur, selama niat puasa telah dibuat sebelum waktu imsak.

Keutamaan Sahur

Sahur memiliki manfaat fisik dan spiritual yang signifikan. Secara fisik, sahur membantu menjaga energi dan stamina selama berpuasa, mengurangi rasa lapar dan haus, serta membantu menjaga keseimbangan gula darah. Dari sisi spiritual, sahur meningkatkan kesadaran dan ketaqwaan, memperkuat niat berpuasa, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sahur juga merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa dan memohon keberkahan. Dengan demikian, sahur bukan hanya tradisi, tetapi juga sarana peningkatan kesehatan fisik dan rohani.

Hadis Nabi Muhammad SAW tentang keberkahan sahur

Hadis Nabi Muhammad SAW tentang keberkahan sahur menyatakan, "Bersahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam sahur itu terdapat berkah." (HR. Bukhari dan Muslim). Kata kunci sekunder dalam hadis ini adalah "keberkahan sahur." Hadis ini menekankan pentingnya sahur dalam ibadah puasa, karena sahur bukan hanya memberi energi fisik, tetapi juga membawa berkah spiritual. Nabi Muhammad menganjurkan umat Islam untuk tidak melewatkan sahur, meskipun hanya dengan seteguk air, untuk mendapatkan keberkahan tersebut.

Tips Sahur yang Baik

Makanan dan minuman yang dianjurkan saat sahur meliputi pilihan yang bergizi dan dapat memberikan energi berkelanjutan. Penting untuk mengonsumsi makanan kaya serat seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian utuh. Protein juga penting, seperti telur, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan. Minuman yang disarankan adalah air putih, susu, atau jus buah segar untuk hidrasi. Hindari makanan pedas, asin, dan tinggi gula yang dapat menyebabkan rasa haus berlebihan selama berpuasa.

Waktu yang tepat untuk sahur

Waktu yang tepat untuk sahur adalah sebelum waktu imsak tiba. Imsak adalah waktu yang ditetapkan sebagai batas akhir makan dan minum bagi orang yang akan berpuasa. Idealnya, sahur dilakukan pada sepertiga malam terakhir atau sekitar 30 menit sebelum adzan Subuh. Hal ini untuk memastikan bahwa sahur dilakukan di waktu yang paling berkah, sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW. Memperhatikan waktu imsak sangat penting untuk menjaga keabsahan puasa.

Kesalahan yang Sering Terjadi saat Sahur

Saat sahur, terdapat beberapa kesalahan yang harus dihindari agar puasa berjalan dengan lancar dan penuh berkah. Pertama, mengonsumsi makanan berat atau berlebihan yang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan mengganggu ibadah puasa. Kedua, minum terlalu sedikit air putih, sehingga berisiko dehidrasi selama berpuasa. Ketiga, melewatkan sahur dengan alasan ingin tidur lebih lama, padahal sahur memberikan energi dan kekuatan untuk menjalani puasa.

Keempat, mengabaikan doa saat sahur yang merupakan momen istimewa untuk berdoa dan memohon keberkahan. Kelima, terburu-buru saat sahur sehingga tidak sempat menikmati makanan dengan tenang. Menghindari kesalahan-kesalahan ini akan membuat sahur lebih berarti dan bermanfaat.

Pendapat Muhammadiyah Tentang Puasa Tapi Tidak Sahur

Menurut pandangan Muhammadiyah, puasa Ramadhan tanpa sahur tetap dianggap sah. Sahur merupakan amalan sunah, bukan kewajiban, sehingga jika seseorang tidur hingga kesiangan dan melewatkan makan sahur, ia dapat langsung berpuasa tanpa khawatir puasanya tidak sah. Dalam buku "Tuntunan Ibadah Pada Bulan Ramadhan di Masa Darurat Covid-19" terbitan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, disebutkan bahwa mengakhirkan sahur termasuk dalam sunah berpuasa,

Dengan landasan hadis dari Abu Dzarr yang menyatakan, "Umatku senantiasa dalam keadaan baik selama mereka menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur" (H.R. Ahmad). Oleh karena itu, sahur tidak termasuk ke dalam rukun puasa dan tidak tergolong hal-hal yang wajib dikerjakan oleh seorang muslim ketika Ramadan

Namun, meskipun sahur bersifat sunah, sahur sebaiknya tetap dijalani karena terdapat sejumlah keistimewaan di dalamnya, seperti mendapatkan berkah dan energi untuk aktivitas di siang hari selama berpuasa.

Kesimpulan

Dalam Islam, puasa tanpa sahur diperbolehkan dan tetap sah asalkan niat puasa telah dibuat sebelum waktu imsak. Meskipun sahur bukan syarat wajib, sangat dianjurkan karena memberi kekuatan dan energi untuk berpuasa. Sahur juga memiliki keberkahan seperti yang disampaikan Nabi Muhammad SAW. Namun, jika seseorang terlewat sahur, puasanya masih dianggap sah dan tidak mempengaruhi keabsahan puasanya selama tidak ada hal yang membatalkannya selama berpuasa.

Ingin mengetahui lebih lanjut tentang hukum dan keutamaan sahur dalam Islam? Kunjungi mediamu.com untuk mendapatkan informasi lengkap dan akurat seputar puasa dan sahur sesuai dengan ajaran Islam. Temukan artikel, tips, dan panduan praktis untuk menjalankan ibadah puasa dengan penuh berkah.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here