Islam

Islam

MediaMU.COM

Feb 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Asal Muasal Kalimat Amma Ba'du

Asal Muasal Kalimat Amma Ba'du

MEDIAMU.COM -  Asal Muasal Kalimat Amma Ba'du

Memaknai Kalimat Amma Ba'du

Kerap kali setiap muslim ketika di hari Jumat melaksanakan salat Jumat yang di salah satu rangkaian salatnya yaitu mendengar khotib melaksanakan khutbah. Dan salah satu perkataan dari khotib di dalam muqaddimahnya menyebutkan amma ba'du di dalamnya. Sehingga bagi seorang muslim ini sudah sedikit familiar.

Cara Penggunaan Kalimat Amma Ba'du

Untuk penggunaan kalimat ini biasanya dilakukan oleh seorang khatib untuk memisahkan sebuah pembahasan sebelumnya dengan pembahasan berikutnya. Dalam artian pemisah antara topik muqaddimah atau awalan dengan isi dari sesuatu hal yang ingin disampaikan.

Dalil Kalimat Amma Ba'du

Gadis ini yang diriwayatkan dari Al Buchori ketika Rasulullah shallallahu alaihi wasallam kerap kali mengucapkan kalimat Amma ba'du ketika beliau telah mengucapkan kalimat syahadat di dalam tahmid yang beliau lakukan. Berikut ini bunyi hadis nya

"Dari Al Miswar Bin Mukhramah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berdiri atau berkhotbah maka aku mendengar setelah beliau bertasawuf mengucapkan Amma ba'du" hadits Riwayat al-Bukhari

Pengertian Amma Badu secara Bahasa

Untuk kalimat Amma ba'du ini terdiri dari dua kata yang di mana kata ama ini berasal dari kalimat 

مَهْمَا يَكُنْ مِنْ شَيْئٍ بَعْدُ

Dari kalimat ini memiliki penjelasan yaitu merupakan sebuah isim atau sebuah syarat yang menjadi mubtada artinya meskipun sifat penjelasnya adalah taksis akan tetapi bisa juga terkadang mempunyai sifat sama yang menunjukkan kesempurnaan jenis dari sebuah kata.

Di dalam sebuah penjelasan dari Syekh Ibrahim di mana beliau mengemukakan kata magma yakun itu dibuang kemudian diganti dengan kata Amma agar bisa menduduki posisi yang diganti tersebut kemudian beberapa bagian ulama itu membaca Amma ba'du sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi Muhammad sebagai ulama lain ada yang membuat juga kata Amma untuk mengganti kata wawu, maka menjadi ba'du yang menjadi kedudukan pengganti kalimat sebelumnya

Penjelasan Kata Ba'du

Dalam ilmu nahwu pembahasan tentang badu atau ba’d cukup panjang.  Namun berikut ini merupakan penjelasan singkat tentang kata badu:

فإن نوي معنى المضاف إليه دون لفظه، بنيا على الضم، نحو: {لِلهِ الْأَمْرُ مِنْ قَبْلُ وَمِنْ بَعْدُ}، في قراءة الجماعة.   

Artinya: “Jika diniatkan makna mudhaf ilaih tanpa menyebut lafaznya maka dimabnikan dhammah. Contohnya adalah لِله الْأَمْرُ مِنْ قَبْلُ وَمِنْ بَعْدُ sesuai bacaan qiraah jama’ah. (Ibnu Hisyam, Audhahul Masalik, [Darul Fikr], juz 3, hlm. 135).

Jadi, secara harfiah kalimat amma badu adalah sebagai pemisah atau disebut dengan fashlul khithab.

Sejarah Kalimat Amma Ba'du di Sebutkan

Menurut beberapa ulama besar salah satunya adalah Syekh Imam Al baiduri beliau mengungkapkan ketika pertama kali kalimat ama ba'du ini dikatakan oleh Nabi Daud alaihissalam hal ini juga dikonfirmasi di pendapat lain menurut Syekh Imam Al baituri dan Abu Musa Al Asy'ari yang di mana beliau memiliki pendapat yang sama sekolah hal ini karena memiliki dalil yang kuat sebagai berikut :

dari Abu Musa Al-Asy’ari ra. beliau mengatakan: 

أول من قال أمَّا بعدُ داودُ وهو فصل الخطاب

“Orang yang pertama kali mengucapkan ‘amma ba’du’ adalah Nabi Daud ‘alaihis salam, dan itu adalah fashlal khitab.” (Al-Awail Ibni Abi Ashim, no. 188; Al-Awail Ath-Thabrani, no. 40).

Kesimpulan 

Demikianlah artikel ini yang membahas lengkap tentang kalimat Amma ba'du. Semoga memberikan pengetahuan dan wawasan baru untuk kita para pembaca semuanya. Simak artikel lainnya di mediamu.com

Editor: Muhammad Fajrul Falaq

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here