Islam

Islam

MediaMU.COM

Feb 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Kenali Apa Itu Zhihar Dan Penjelasannya

Kenali Apa Itu Zhihar Dan Penjelasannya

MEDIAMU.COM - Kenali Apa Itu Zhihar Dan Penjelasannya

Memaknai Zhihar Adalah

sebuah tindakan dimana seorang suami membanding-bandingkan istrinya dengan anggota keluarga wanita yang secara syariat tidak boleh dinikahi, seperti ibunya atau adik perempuannya. Praktik ini dilihat sebagai bentuk penolakan atau marginalisasi terhadap istri. 

Zhihar Dalam Pandangan Islam

zhihar diperlakukan sebagai masalah serius karena berkaitan dengan martabat dan harga diri istri. Ini bukan hanya dianggap sebagai dosa, tapi juga mencerminkan sikap tidak menghormati dan meremehkan istri. Zhihar dapat merusak keharmonisan dalam pernikahan dan dilarang oleh hukum Islam.

Solusi Agar Tehindar Dari Sifat Zhihar

mengatasi kesalahan zhihar, suami yang melakukan hal ini harus melakukan kaffarah, yaitu tindakan penebusan dosa. Kaffarah ini bisa berupa membebaskan budak, berpuasa selama dua bulan berturut-turut, atau memberi makan enam puluh orang miskin, tergantung pada situasi dan kemampuan finansial suami.

Alasan Mengapa Islam Melakarang Zhihar

Menghina dan Menyakiti Istri

Zhihar dianggap sebagai tindakan yang menurunkan martabat dan merendahkan perasaan istri.

Menimbulkan Ketidakharmonisan dalam Keluarga:

Perilaku ini bisa menyebabkan perselisihan dan gangguan dalam kehidupan pernikahan.

Melawan Prinsip Etika dan Moral dalam Islam

Islam sangat menekankan pada perilaku dan ucapan yang baik di dalam rumah tangga, dan zhihar bertentangan dengan nilai-nilai tersebut.

Dianggap Sebagai Dosa yang Memerlukan Kaffarah

Suami yang melakukan zhihar harus melakukan tindakan penebusan dosa seperti membebaskan seorang budak, berpuasa dua bulan berturut-turut, atau memberi makan enam puluh orang miskin.

Dalil Yang membahas Tentang Zhihar

Dalil yang melarang zhihar dalam Islam dapat ditemukan dalam Al-Qur'an. Ayat yang secara spesifik berbicara tentang zhihar. Di antaranya ialah : 

اَلَّذِيْنَ يُظٰهِرُوْنَ مِنْكُمْ مِّنْ نِّسَاۤىِٕهِمْ مَّا هُنَّ اُمَّهٰتِهِمْۗ اِنْ اُمَّهٰتُهُمْ اِلَّا الّٰۤـِٔيْ وَلَدْنَهُمْۗ وَاِنَّهُمْ لَيَقُوْلُوْنَ مُنْكَرًا مِّنَ الْقَوْلِ وَزُوْرًاۗ وَاِنَّ اللّٰهَ لَعَفُوٌّ غَفُوْرٌ ۝٢

Artinya " Orang-orang yang menzihar istrinya (menganggapnya sebagai ibu) di antara kamu, istri mereka itu bukanlah ibunya. Ibu-ibu mereka tidak lain hanyalah perempuan yang melahirkannya. Sesungguhnya mereka benar-benar telah mengucapkan suatu perkataan yang mungkar dan dusta. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun."

Kesimpulan

Zhihar Merupakan perilaku yang sangat tidak disukai dan dianggap sebagai dosa dalam Islam. Hal ini berlandaskan pada Surah Al-Mujadila (58:2-4) dalam Al-Qur'an, yang menguraikan bahwa walaupun zhihar tidak membuat istri menjadi haram bagi suaminya, tindakan tersebut tetap dianggap sebagai kata-kata yang tidak pantas dan harus diredakan dengan melakukan kaffarah.

Demikilanlah Artikel yangmembahas tentang dalil dan penjelasan tentang zhihar. Semoga menjadi pengetahuan baru untuk kita semua. Simak Artikel lainnya di mediamu.com

Editor : Muhammad Fajrul Falaq

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here