Islam

Islam

MediaMU.COM

Apr 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Janji Pelajar Muhammadiyah : Ikrar Kader Muhammadiyah

Foto Ilustrasi : Janji Pelajar Muhammadiyah : Ikrar Kader Muhammadiyah

MEDIAMU.COM - Janji Pelajar Muhammadiyah : Ikrar Kader Muhammadiyah 

Mengenal Janji Pelajar Muhammadiyah 

Sama hal dengannya tentang janji putra-putri Indonesia yang berjanji untuk selalu menjaga keutuhan serta keindahan negara Indonesia dan janji itu juga terdapat dan diikrarkan di dalam janji pelajar Muhammadiyah juga memiliki hal tersebut.

Dengan judul kami pelajar Muhammadiyah berjanji ini banyak digaungkan di sekolah-sekolah Muhammadiyah maupun di pesantren-pesantren yang berorientasi Muhammadiyah.

Janji ini biasanya disebutkan di dalam sebuah kegiatan sekolahan seperti upacara bendera jadi mana pembina upacara akan mendiktekan serta membacakan janji pelajar Muhammadiyah yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi maupun santri dan santriwati di dalam kegiatan upacara tersebut.

Isi Janji Pelajar Muhammadiyah 

Adapun isi dari janji pelajar Muhammadiyah ini memiliki nilai-nilai yang sangat dalam serta moral yang sangat tinggi untuk selalu menjaga agama Islam dan tidak luput untuk menunaikan kewajiban mereka sebagai kader muhamadiyah dan putra-putri harapan Bangsa

Kami Pelajar Muhammadiyah berjanji:

1. Berjuang menegakkan ajaran Islam

2. Hormat dan patuh terhadap orang tua dan guru

3. Bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu

4. Bekerja keras, mandiri, dan berprestasi

5. Rela berkorban dan menolong sesama

6. Siap menjadi kader Muhammadiyah dan bangsa

Penjelasan Isi Janji Pelajar Muhammadiyah

- berjuang menegakkan ajaran Islam

Sebagai generasi muda sebagai agent of change dan kader Muhammadiyah wajib dan bisa melanjutkan perjuangan untuk menegakkan ajaran Islam sesuai dengan tujuan dan cita-cita dari Muhammadiyah itu sendiri.

Muhammadiyah harus selalu mengutamakan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari dan memperbaiki akhlaknya demi penegakkan ajaran Islam

- Hormat dan Patuh terhadap orang tua dan Guru

Untuk bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat serta yang diridhoi oleh orang tua maka kita harus memuliakan guru dan orang tua kita sendiri karena merekalah sumber ilmu yang ridho yang bisa kita implementasikan di dalam kehidupan sehari-hari

- bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu

Sebagai pelajar dan kader Muhammadiyah yang masih memiliki masa depan yang luas maka di fokuskan untuk selalu bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu.

- bekerja keras, mandiri dan berprestasi

Sebagai kader Muhammadiyah dituntut dan bisa bekerja keras serta mandiri sehingga bisa menghasilkan sebuah prestasi di dalam menuntut ilmu tersebut.

- rela berkorban dan menolong sesama

Selain untuk menuntut ilmu seorang kader Muhammadiyah juga harus bisa bermanfaat untuk orang lain dengan membantu saudara-saudara di sekitarnya yang membutuhkan mereka.

- siap menjadi kader Muhammadiyah dan bangsa

Pelajar Muhammadiyah hendaknya menjadi calon kader dan pemimpin yang baik demi bangsa Indonesia yang semakin baik pula.

Janji Pelajar Muhammadiyah Terbaru

1.         Taat Beribadah dan Menjunjung Tinggi Toleransi

2.         Cerdas, Kritis, dan Cinta Ilmu Pengetahuan

3.         Sehat Jiwa dan Raga

4.         Menjaga Kehormatan Diri, Keluarga, Organisasi, dan Tanah Air

5.         Mandiri, Berintegritas, dan Murah Hati

6.         Cinta Lingkungan dan Menjadi Rahmat bagi Semesta Alam

Perbedaan Ikrar Janji Siswa dan Janji Pelajar Muhammadiyah

Ikrar Janji Siswa dan Janji Pelajar Muhammadiyah adalah dua jenis pernyataan komitmen atau janji yang sering diungkapkan oleh siswa di Indonesia. Walaupun tujuan keduanya serupa, yaitu untuk memberi motivasi kepada siswa agar berperilaku baik, mencapai prestasi dalam pendidikan, dan mematuhi nilai-nilai moral, ada beberapa perbedaan antara keduanya.

Ikrar Janji Siswa

Ikrar Janji Siswa adalah bentuk janji yang biasa diucapkan oleh siswa di berbagai sekolah di Indonesia, tanpa memandang agama atau keanggotaan dalam organisasi tertentu. Pernyataannya menekankan komitmen siswa untuk belajar dengan rajin, menghormati guru dan teman sekelas, serta berperilaku baik di sekolah dan lingkungan sekitar. Ikrar Janji Siswa umumnya tidak terkait dengan organisasi pelajar tertentu.

Janji Pelajar Muhammadiyah

Janji Pelajar Muhammadiyah adalah jenis janji yang diucapkan oleh siswa yang tergabung dalam organisasi pelajar Muhammadiyah. Organisasi ini pada umumnya mengacu pada nilai-nilai Islam sebagai dasar etika dan moral mereka, dan Janji Pelajar Muhammadiyah mencerminkan nilai-nilai tersebut. Isinya sering kali mencakup komitmen untuk menerapkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari, menjaga akhlak yang baik, dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan negara sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

Penting untuk diingat bahwa meskipun ada perbedaan dalam penyusunan dan latar belakangnya, baik Ikrar Janji Siswa maupun Janji Pelajar Muhammadiyah bertujuan untuk mendorong siswa agar menjadi individu yang bertanggung jawab, berperilaku baik, dan mencapai prestasi dalam pendidikan, sesuai dengan nilai-nilai moral yang mereka anut.

Makna Ikrar Muhammadiyah dalam Janji Pelajar Muhammadiyah

Makna dari Ikrar Muhammadiyah dalam Janji Pelajar Muhammadiyah adalah rangkaian komitmen atau janji yang dinyatakan oleh siswa yang menjadi anggota organisasi pelajar Muhammadiyah. Dalam Ikrar Muhammadiyah ini terkandung makna dan prinsip-prinsip yang dianut oleh organisasi Muhammadiyah, yang umumnya berasal dari ajaran Islam. Beberapa makna utama dalam Ikrar Muhammadiyah ini mencakup:

1. Kesetiaan terhadap Islam

Ikrar Muhammadiyah menegaskan kesetiaan siswa dalam mengamalkan ajaran Islam dalam keseharian mereka. Ini mencakup aspek-aspek seperti ibadah, moralitas, dan etika yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

2. Etika yang luhur

Ikrar ini mengajak siswa untuk menjaga etika yang luhur, seperti kejujuran, tata krama, dan sikap baik hati dalam interaksi dengan sesama.

3. Berkontribusi dengan positif

Siswa yang menyatakan Ikrar Muhammadiyah berkomitmen untuk memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat dan negara, dengan cara yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Mereka diharapkan menjadi warga yang bertanggung jawab dan memberikan sumbangsih dalam pembangunan negara.

4. Semangat persatuan dan kesatuan

Ikrar ini juga mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan di antara siswa yang menjadi bagian dari organisasi pelajar Muhammadiyah. Mereka berjanji untuk saling mendukung dan bekerja sama dalam mencapai tujuan-tujuan organisasi.

Jadi, Ikrar Muhammadiyah dalam Janji Pelajar Muhammadiyah memiliki makna yang mendalam, dengan fokus pada nilai-nilai Islam, moralitas, kontribusi positif, dan persatuan di antara siswa yang bergabung dalam organisasi ini.

Teks Janji Kader Muhammadiyah

Janji Kader Muhammadiyah adalah komitmen yang diucapkan oleh individu yang menjadi bagian dari organisasi Muhammadiyah. Janji ini mencerminkan tekad dan kewajiban mereka terhadap organisasi, nilai-nilai Islam, dan masyarakat. Berikut adalah contoh Janji Kader Muhammadiyah:

Dalam rangka mewujudkan cita-cita Islam dan memajukan masyarakat, saya sebagai seorang kader Muhammadiyah, dengan sungguh-sungguh dan tulus hati, berjanji untuk

1. Mengamalkan ajaran Islam dalam seluruh aspek kehidupan saya dan berusaha menjadi contoh yang baik bagi orang lain dalam menjalani nilai-nilai Islam.

2. Terus mengembangkan pengetahuan dan keterampilan saya, serta berkomitmen untuk selalu belajar dan berkembang, sehingga saya dapat memberikan kontribusi yang lebih besar kepada masyarakat dan organisasi.

3. Melaksanakan tugas dan tanggung jawab saya sebagai kader Muhammadiyah dengan dedikasi, integritas, dan kejujuran yang tinggi.

4. Mendukung serta aktif berpartisipasi dalam program-program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Muhammadiyah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan pendidikan, kesehatan, serta sosial.

5. Membangun dan memelihara semangat persatuan dan kesatuan di antara sesama kader Muhammadiyah, serta menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat secara umum.

6. Menjaga nama baik organisasi Muhammadiyah dan berperilaku dengan tata krama yang baik dalam semua interaksi dan aktivitas saya.

Saya menyadari bahwa dengan mengucapkan Janji Kader Muhammadiyah ini, saya menjadi bagian dari perjuangan dan misi besar Muhammadiyah untuk kebaikan umat dan bangsa. Saya siap untuk melaksanakan janji ini dengan sepenuh hati."

Janji Kader Muhammadiyah menunjukkan komitmen individu terhadap organisasi dan nilai-nilai Islam, serta keterlibatan mereka dalam usaha untuk memajukan masyarakat dan menjalankan tugas-tugas yang diamanahkan oleh Muhammadiyah.

Kesimpulan

Inilah isi dan teks berjanji belajar Muhammadiyah dari sebuah makna serta penjelasan di setiap poinnya. Semoga kita bisa menambah wawasan dan pengetahuan tentang artikel ini. Simak artikel lainnya di mediamu.com(*)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here