Islam

Islam

MediaMU.COM

Jul 15, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

 3 Amalan yang Tak Terputus Pasca Kematian

 3 Amalan yang Tak Terputus Pasca Kematian

3 Amalan yang Tak Terputus Pasca Kematian Dalam kehidupan ini, beberapa amalan berharga tidak hanya memberi manfaat selama kita hidup, tapi juga terus berlanjut setelah kita tiada. Ketiga amalan ini - sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak saleh - adalah warisan abadi yang kita tinggalkan di dunia.

3 amalan yang tidak terputus

Sedekah Jariah

Sedekah Jariah merupakan salah satu dari 3 Amalan yang Tidak Terputus yang bisa Anda lakukan untuk meninggalkan jejak positif yang berkelanjutan di dunia ini. Tidak hanya memberi manfaat pada saat ini, tetapi kebaikannya terus dirasakan bahkan setelah Anda tiada.

Pengertian dan Contoh Sedekah jariah

Sedekah jariah adalah amalan berupa bantuan atau kontribusi yang manfaatnya terus berlangsung lama setelah pemberiannya. Ini bisa dalam bentuk pembangunan masjid, sekolah, atau sumbangan buku dan sumber belajar yang dapat diakses oleh generasi mendatang.

Manfaat sedekah jariah

Manfaat dari sedekah jariah tidak hanya terbatas pada penerima saja tapi juga kepada pemberi. Selain mendapatkan pahala yang terus mengalir, ini juga memberikan kepuasan spiritual karena telah berkontribusi pada kebaikan yang berkelanjutan.

Cara Melakukan sedekah jariah

Mulailah dengan mengidentifikasi kebutuhan di sekitar Anda atau lembaga-lembaga yang berfokus pada pendidikan atau kesehatan. Menyumbang dalam bentuk aset atau keahlian yang Anda miliki juga merupakan cara untuk melakukan sedekah jariah. Terlibat langsung dalam proyek-proyek yang memberikan dampak positif atau mendirikan wakaf adalah beberapa langkah praktis yang bisa dilakukan.

Ilmu yang Bermanfaat

Berbagi ilmu merupakan salah satu cara terbaik untuk berinvestasi dalam kebaikan yang abadi. Al-Qur'an sendiri menekankan pentingnya ilmu dan pembelajaran, sebagaimana ditunjukkan dalam Surah Al-‘Alaq ayat 1-5, yang mengungkapkan bagaimana Allah menciptakan manusia dan mengajarkan penulisan yang belum diketahui.

Surah Al-‘Alaq ayat 1-5

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ  
خَلَقَ الْإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ  
اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ  
الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ  
عَلَّمَ الْإِنسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ  

Terjemahan Indonesia

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah,Yang mengajarkan (manusia) dengan pena,Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

Surah Al-'Alaq, sebagai surah pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, mengandung pelajaran yang sangat mendasar dan penting, terutama mengenai pentingnya membaca dan belajar. Dari surah ini, anak-anak bisa diajarkan tentang pentingnya pendidikan dan kegigihan dalam mencari ilmu.

Surah ini membuka dengan kata "Iqra" atau "Bacalah", yang menjadi simbol penting dari perintah untuk belajar dan memperluas wawasan. Selain itu, Surah Al-'Alaq juga mengajarkan anak-anak untuk mengenali dan menghormati Allah sebagai pencipta dan sumber segala ilmu. Ayat-ayat dalam surah ini mengingatkan kita untuk selalu bersyukur kepada Allah atas segala nikmat, termasuk kemampuan untuk belajar dan berpikir.

Surah ini pun memperingatkan tentang bahaya kesombongan dan keangkuhan, mengajarkan anak-anak untuk selalu bersikap rendah hati dan menghargai setiap orang. Penting pula bagi mereka untuk belajar tentang ketaatan dan pentingnya doa, serta mengembangkan nilai kejujuran dan integritas dalam segala tindakan. Melalui nilai-nilai ini, anak-anak akan tumbuh menjadi individu yang baik dan membawa keberkahan dalam kehidupan mereka.

Pengertian dan Contoh Ilmu yang bermanfaa 

Ilmu yang bermanfaat mencakup segala bentuk pengetahuan atau keahlian yang dapat membantu orang lain dalam aspek kehidupan mereka. Contohnya termasuk menulis buku yang memberikan insight atau pengajaran dalam bidang tertentu, atau mengajar, baik dalam setting formal maupun informal, untuk membagikan pengetahuan Anda kepada yang membutuhkan.

Manfaat Ilmu 

Ilmu yang dibagikan tidak hanya menguntungkan penerima tetapi juga pemberi. Keberlangsungan manfaat ilmu, seperti ketika pengetahuan yang dibagikan digunakan untuk memperbaiki kehidupan atau memajukan pengetahuan lebih lanjut, menciptakan lingkaran kebaikan yang terus berkembang.

Mulailah dengan mengidentifikasi bidang di mana Anda memiliki keahlian dan passion. Anda bisa memulai blog, kanal YouTube, atau bahkan mengadakan workshop gratis. Bergabung dengan forum diskusi atau komunitas online yang terkait dengan bidang Anda juga merupakan cara efektif untuk berbagi ilmu.

Doa Anak yang Saleh

Mendidik anak menjadi saleh adalah investasi spiritual terbesar yang bisa dilakukan oleh setiap orang tua. Al-Qur'an menggarisbawahi pentingnya peran orang tua dalam pendidikan anak, seperti dalam Surah Luqman ayat 13-19,

Berikut ini adalah Surah Luqman ayat 13-19 dalam bahasa Arab beserta terjemahannya dalam bahasa Indonesia:

Ayat 13
وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ

Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, sedang ia memberi pelajaran kepadanya, "Wahai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar."

Ayat 14
وَوَصَّيْنَا الْإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. (Kami berfirman), "Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu."

Ayat 15
وَإِنْ جَاهَدَاكَ عَلَى أَنْ تُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفًا وَاتَّبِعْ سَبِيلَ مَنْ أَنَابَ إِلَيَّ ثُمَّ إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُم بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Dan pergaulilah mereka berdua di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang berbalik (taubat) kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembali (tempat kembalimu), maka Aku akan beritahukan kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.

Ayat 16
يَا بُنَيَّ إِنَّهَا إِنْ تَكُ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ فَتَكُنْ فِي صَخْرَةٍ أَوْ فِي السَّمَاوَاتِ أَوْ فِي الْأَرْضِ يَأْتِ بِهَا اللَّهُ إِنَّ اللَّهَ لَطِيفٌ خَبِيرٌ

"Wahai anakku, sesungguhnya jika ada (perbuatan) seberat biji sawi, dan berada di dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, Allah akan membawanya (kepada pengetahuan). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui."

Ayat 17
يَا بُنَيَّ أَقِمِ الصَّلَاةَ وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنكَرِ وَاصْبِرْ عَلَى مَا أَصَابَكَ إِنَّ ذَٰلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ

Wahai anakku, dirikanlah shalat, dan perintahkanlah yang ma'ruf dan cegahlah dari yang munkar, dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya itu termasuk perkara yang penting."

Ayat 18
وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِي الْأَرْضِ مَرَحًا إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ

Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong dan membanggakan diri.

Ayat 19
وَاقْصِدْ فِي مَشْيِكَ وَاغْضُضْ مِنْ صَوْتِكَ إِنَّ أَنْكَرَ الْأَصْوَاتِ لَصَوْتُ الْحَمِيرِ

Dan sederhanakanlah dalam berjalanmu dan rendahkanlah suaramu, sesungguhnya seburuk-buruk suara adalah suara keledai.

yang menganjurkan kepada Luqman untuk menasehati anaknya dengan hikmah, mengajarkan tauhid, dan berbuat baik kepada kedua orang tua.

pengertian dan Contoh Mendidik anak 

Mendidik anak menjadi saleh bukan hanya tentang mengajarkan nilai-nilai agama, tapi juga menanamkan karakter, etika, dan kebiasaan baik yang akan membentuk mereka menjadi individu yang bermanfaat bagi masyarakat. Contohnya, mengajarkan anak untuk selalu berdoa, berbagi dengan yang membutuhkan, dan menghormati semua orang di sekitarnya.

Manfaat Doa dari anak yang saleh 

Doa dari anak yang saleh merupakan salah satu amalan jariah yang paling berharga bagi orang tua. Ini tidak hanya membawa berkah dalam kehidupan orang tua tapi juga menjadi sumber kebaikan yang terus mengalir bahkan setelah mereka tiada.

Cara Mendidik anak menjadi saleh 

Mendidik anak menjadi salehdimulai dari rumah. Jadilah contoh yang baik dalam segala aspek kehidupan. Libatkan anak dalam aktivitas keagamaan dan sosial. Ajarkan mereka nilai dan prinsip hidup melalui cerita dan teladan, serta dorong mereka untuk bertanya dan belajar tentang kebaikan dan spiritualitas.

Kesimpulan

Mendidik anak menjadi saleh, berbagi ilmu yang bermanfaat, dan melakukan sedekah jariah adalah amalan abadi yang tak terputus, membawa manfaat tak terhingga bagi diri dan orang lain. 

Ingin memperdalam pengetahuan Anda tentang amalan-amalan mulia ini? Kunjungi mediamu.com untuk panduan lebih lanjut dan inspirasi spiritual yang akan mengubah hidup Anda.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here