Islam

Islam

MediaMU.COM

Apr 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Apakah Manaqib itu?

MEDIAMU.COM - Kata Manaqib berasal dari "manqabah," yang dalam bahasa Indonesia dapat diterjemahkan sebagai perilaku baik seseorang. Manaqib artinya mengacu pada sifat terpuji atau akhlak yang baik yang dimiliki oleh seorang individu.

Para wali merupakan hamba-hamba yang saleh, dekat dengan Allah, dan dipilih oleh Allah sendiri. Banyak sejarah hidup para wali (dikenal sekarang dengan nama manaqib), yang telah dibukukan, seperti manaqib Syekh Abdul Qadir al-Jilani. Kerena mereka adalah hamba-hamba pilihan Allah maka sudah sewajarnya jika kita mencintai mereka. 

Manaqib juga sering kali dikenal sebagai sebuah kitab yang memuat riwayat hidup seseorang. Kitab ini menjadi jendela yang mengungkapkan sisi-sisi terbaik dari karakter dan perjalanan hidup seseorang. Dalam Islam, manaqib adalah juga tentang memahami dan merenungkan akhlak yang mulia dari para tokoh agama dan individu yang saleh.

Ketika kita membaca manaqib Syekh Abdul Qadir al-Jilani itu sangat baik. Apalagi, beliau juga menyandang gelar sebagai sulthan al-awliya` atau pemimpin para wali.   

اِعْلَمْ يَنْبَغِي لِكُلِّ مُسْلِمٍ طَالِبِ الْفَضْلِ وَالْخَيْرَاتِ أَنْ يَلْتَمِسَ الْبَرَكَاتِ وَالنَّفَحَاتِ وَاسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ وَنُزُوْلِ الرَّحْمَاتِ فِيْ حَضَرَاتِ اْلأَوْلِيَآءِ فِيْ مَجَالِسِهِمْ وَجَمْعِهِمْ أَحْيَاءً وَأَمْوَاتًا وَعِنْدَ قُبُوْرِهِمْ وَحَالَ ذِكْرِهِمْ وَعِنْدَ كَثْرَةِ الْجُمُوْعِ فِيْ زِيَارَاتِهِمْ وَعِنْدَ مُذَاكَرَاتِ فَضْلِهِمْ وَنَشْرِ مَنَاقِبِهِمْ

 “Ketahuilah! Seyogianya setiap Muslim pemburu keutamaan dan kebaikan, mencari berkah dan anugerah, terkabulnya doa, dan turunnya rahmat di depan para wali, di majelis-majelis dan kumpulan mereka, baik yang masih hidup ataupun sudah mati, dan di kuburan mereka, ketika mengingat mereka, dan ketika banyak orang berkumpul dalam berziarah kepada mereka, serta ketika mengingat keutamaan mereka, dan pembacaan riwayat hidup mereka”. (Alawi al-Haddad, Mishbah al-Anam wa Jala` azh-Zhulam, Istanbul-Maktabah al-Haqiqah, 1992 M, h. 90).

Itulah pengertian dan inti ketika kita membaca manaqib manaqib dari seorang tokoh pejuang Islam agar bisa memetik beberapa pelajaran dan inspirasi didalam hidupnya.

Editor : Muhammad Fajrul Falaq. Tim Redaksi mediamu.com

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here