Islam

Islam

MediaMU.COM

Apr 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

5 Ciri-ciri Umroh yang Mabrur dan Keutamaannya

5 Ciri-ciri Umroh yang Mabrur dan Keutamaannya

MEDIAMU.COM 5 Ciri-ciri Umroh yang Mabrur dan Keutamaannya Dalam menjalankan ibadah umroh, setiap Muslim tentunya mengharapkan agar ibadahnya diterima dan menjadi umroh yang mabrur. Tapi, apa sebenarnya ciri-ciri umroh yang mabrur itu? Artikel ini akan mengupas tuntas tentang ciri-ciri dan keutamaannya.

Niat yang Tulus Kunci Utama Umroh Mabrur

Poin pertama dan paling penting dalam mewujudkan umroh yang mabrur adalah niat yang tulus hanya karena Allah SWT. Niat ini bukan sekadar ucapan, melainkan harus tercermin dalam setiap tindakan selama menjalankan ibadah umroh. Tulusnya niat akan menjadikan seluruh rangkaian ibadah terasa lebih mengalir dan bermakna.

وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ ۚ وَذَٰلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ

"Dan mereka tidak diperintahkan kecuali agar mereka menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan agar mereka mendirikan shalat serta menunaikan zakat. Dan yang demikian itulah agama yang lurus."(QS. Al-Bayyinah: 5)

"Sesungguhnya setiap amal tergantung pada niatnya, dan setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang ia niatkan..." (HR. Bukhari dan Muslim).

Pelaksanaan Ibadah Sesuai Sunnah

Ciri kedua dari umroh mabrur adalah pelaksanaan ibadah yang sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW. Mulai dari ihram, tawaf, sa'i, hingga tahallul, setiap langkah harus sesuai dengan tuntunan Nabi. Pelaksanaan yang sesuai sunnah tidak hanya meningkatkan kekhusyukan tapi juga memperkuat identitas sebagai umat Muhammad SAW.

Menghindari Perbuatan yang Membatalkan atau Mengurangi Pahala

Selama menjalankan ibadah umroh, sangat penting untuk menghindari segala perbuatan yang bisa membatalkan atau mengurangi pahala umroh. Hal ini termasuk menjaga lisan dari ghibah, menjauhi perbuatan dosa, dan menjaga hati dari perasaan negatif terhadap sesama jamaah umroh.

berikut adalah lafal dalam bahasa Arab dan terjemahan serta arti dari QS. Al-Hajj ayat 30:

ذَٰلِكَ وَمَن يُعَظِّمْ حُرُمَاتِ اللَّهِ فَهُوَ خَيْرٌ لَّهُ عِندَ رَبِّهِۦ ۗ وَأُحِلَّتْ لَكُمُ الْأَنْعَـٰمُ إِلَّا مَا يُتْلَىٰ عَلَيْكُمْ ۖ فَاجْتَنِبُوا۟ الرِّجْسَ مِنَ الْأَوْثَـٰنِ وَاجْتَنِبُوا۟ قَوْلَ الزُّورِ


"Itu (hukum qurban dan ihram). Dan barang siapa mengagungkan syiar-syiar Allah, maka itu lebih baik baginya di sisi Tuhannya. Dan dihalalkan bagi kamu (memakan) binatang ternak, kecuali yang telah dijelaskan kepadamu (yang haram). Maka jauhilah kekotoran berhala dan jauhilah perkataan dusta."

Keutamaan Umroh Mabrur Pembersihan Dosa

Salah satu keutamaan terbesar dari umroh yang mabrur adalah pembersihan dosa. Umroh yang mabrur dikatakan dapat menghapus dosa-dosa yang telah lalu, seakan memberikan kesempatan baru untuk memulai lembaran hidup yang lebih baik.

Sikap Tawadhu’ dan Kesabaran Selama Umroh

selama menjalankan ibadah umroh merupakan indikator lain dari umroh yang mabrur. Sikap ini tidak hanya diukur dari bagaimana kita bersikap kepada sesama jamaah, tetapi juga bagaimana kita merespon berbagai ujian dan kesulitan selama menjalankan ibadah.

“Barang siapa yang melaksanakan haji dan tidak berbicara dengan kata-kata kotor serta tidak melakukan perbuatan jahat, maka ia akan kembali (ke rumahnya) seperti hari ibunya melahirkannya” (HR. Bukhari dan Muslim)

Refleksi dan Harapan

umroh yang mabrur bukanlah sekadar tujuan, melainkan juga sebuah perjalanan spiritual yang mendalam. Refleksi atas ciri-ciri dan keutamaan umroh yang mabrur mengingatkan kita kembali tentang esensi sejati menjalankan ibadah ini. Semoga setiap Muslim yang berkesempatan menjalankan umroh dapat mewujudkan umroh yang mabrur, yang tidak hanya membawa keberkahan selama di tanah suci, tapi juga membawa dampak positif dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk informasi lebih lanjut seputar 5 Ciri-ciri Umroh yang Mabrur dan Keutamaannya dan tips spiritual lainnya, kunjungi website kami di mediamu.com. Dapatkan panduan lengkap, artikel inspiratif, dan berbagai insight bermanfaat lainnya yang akan memperkaya pengalaman spiritual Anda. Sambangi kami sekarang juga

Editor : TakinNur 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here